Minggu, 25 September 2011

PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI PAI


PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI PAI
A. IDENTITAS MATA KULIAH
     1. Mata Kuliah : Pengembangan Sistem Evaluasi PAI
     2. Program Studi : PAI
     3. Fakultas : Tarbiyah
     4. Bobot : 4 SKS
     5. Jumlah Pertemuan : 12 (duabelas belas) kali
     6. Dosen Pengampu : Toto Warsito, M.Ag.

B. TUJUAN
     Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat melakukan pengukuran melalui pengembangan alat evaluasi,terutama tes prestasi belajar dalam rangka menetapkan hasil belajar, sehingga terampil merencanakan dan melakukan evaluasi, menafsirkan serta memanfaatkan hasilnya terutama sebagai bagian integral dari proses pembelajaran.memiliki pengetahuan praktis tentang cara-cara merencanakan dan merancang alat evaluasi pembelajaran  PAI .  memberikan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan    tentang  evaluasi pembelajaran baik secara filosofis, teoritis, maupun praktis.

C. DESKRIPSI MATA KULIAH
     Mata kuliah ini membahas proses pengukuran, penilaian dan kegiatan evaluasi . Membahas tentang penyusunan berbagai bentuk alat ukur sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kaidah-kaidah penyusunan tes, kemudian mengolah data, menyusun serta mengklasifikasikan dan menyampaikan hasilnya untuk keperluan perbaikan. Pengambilan mata kuliah ini dibenarkan apabila mahasiswa telah menguasai konsep-konsep pendidikan, psikologi pendidikan, metodologi pembelajaran dan statistik pendidikan.
 
D. TOPIK BAHASAN
1.       Pengertian , kedudukan, tujuan dan fungsi evaluasi
2.       Prinsip-prinsip evaluasi formatif, sumatif, diagnostic dan penempatan
3.       Ragam Pengumpulan data untuk mengukur kemampuan kognitif,afektif dan psikomotor.
4.       Pengembangan tes, meliputi validitas,reliabilitas,daya beda dan tingkat kesukaran soal.
5.       Mengolah,menganalisis,menafsirkan dan memanfaatkan hasil evaluasi.

E.  Referensi
1.       Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar evaluasi Pendidikan,Jakarta,PT Bumi Aksara,2008
2.       Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar,Bandung, Remaja Rosdakarya,2008
3.       Harun Rasyid, Penilaian Hasil Belajar,Bandung,Wacana Prima,2008

E. TUGAS DAN PENILAIAN
    1. Kehadiran: Setiap Mahasiswa wajib menghadiri acara perkuliahan dalam bentuk tatap muka di kelas minimal sebanyak 75 % dari total seluruh kegiatan perkuliahan. Aktivitas kehadiran ini menjadi syarat untuk mengikuti ujian akhir semester bagi mahasiswa yang bersangkutan.
    2. Aktivitas partisipasi di kelas: mahaiswa diharapkan aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran di kelas, menyampaikan informasi, pemikiran, dan kritik atas topik-topik yang disajikan oleh mahasiswa atau dosen. Aktivitas ini dinilai dengan bobot 20 %.
    3. Penyajian makalah: setiap mahasiswa diwajibkan membuat dan menyajikan minimal satu makalah, sesuai topik bahasan yang telah ditetapkan. Penyajian makalah ini dinilai dengan bobot 30 %.
    4. Tugas dan/atau Ujian Akhir: setiap mahasiswa diwajibkan membuat makalah akhir, dengan memperbaiki makalah yang disajikan sebelumnya atau dalam bentuk hasil jawaban atas tugas dan/atau soal take home yang diberikan pada akhir perkuliahan. Tugas ini dinilai dengan bobot 50 %.
NILAI AKHIR dirumuskan: 2 X Akt. + 3 X 2 Mklh. + 5 X TA
----------------------------------------- = NA
10


Tidak ada komentar:

Posting Komentar