Sabtu, 24 September 2011

PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

A. IDENTITAS MATA KULIAH
     1. Mata Kuliah : Pengembangan Kurikulum PAI
     2. Program Studi : PAI
     3. Konsentrasi :
     4. Bobot : 3 SKS
     5. Jumlah Pertemuan : 16 (enam belas) kali
     6. Dosen Pengampu : Toto Warsito, M.Ag.

B. TUJUAN
     Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan         tentang  pengembangan kurikulum pendidikan Islam baik secara filosofis, teoritis, dan praktis.

C. DESKRIPSI MATA KULIAH
     Mata kuliah ini membahas fislosofi, teori, dan model-model praktis pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang berkembang selama ini. Pembahasan diawali dengan pengenalan tentang konsep kurikulum, dan konsep pengembangan kurikulum. Selanjutnya dibahas tentang konsep-konsep pengembangan kurikulum dengan segenap aspeknya.

D. TOPIK BAHASAN
1. Pengertian dan Konsep Kurikulum
    A. Pengertian kurikulum dari beberapa ahli Kurikulum
    B. Fungsi dan peranan kurikulum
    C. Konsep Kurikulum
        1. Ide/gagasan
        2. Kurikulum sebagai rencana pelajaran
        3. Kurikulum sebagai pengalaman/Proses
        4. Kurikulum sebagai hasil belajar
2. Komponen-komponen Pengembangan Kurikulum
    A. Komponen tujuan
    B. Komponen materi
    C. Komponen strategi
    D. Organisasi
    E. Komponen evaluasi
3. Model Kurikulum
    A. model Humanistik
    B. model Subjek Akademik
    C. model Rekontruksi Sosial
    D. model Teknologis
4. Landasan Pengembangan kurikulum
    A. landasan filosofis
    B. landasan psikologis
    C. landasan sosiologis
5. Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum
    A. Prinsip Umum Kurikulum
    B. Prinsip Khusus
6. Model-Model Pengembangan Kurikulum
    A. Administratif
    B. Grass Root
    C. Model dari berbagai ahli kurikulum
7. Model-Model Desain Kurikulum
    A. Subject Centered Design
    B. Learner Centered Design
    C. Problems Centered Design
8. Model-Model Implementasi Kurikulum
    A. Model implementasi Kurikulum (tinjauan Teori)
    B. Model Implementasi Kurikulum di Indonesia
9. Evaluasi Kurikulum
    C. Pengertian evaluasi Kurikulum
    D. Beberapa model evaluasi kurikulum
10. Model Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

E. TUGAS DAN PENILAIAN
1. Kehadiran: Setiap Mahasiswa wajib menghadiri acara perkuliahan dalam bentuk tatap muka di kelas minimal sebanyak 75 % dari total seluruh kegiatan perkuliahan. Aktivitas kehadiran ini menjadi syarat untuk mengikuti ujian akhir semester bagi mahasiswa yang bersangkutan.
2. Aktivitas partisipasi di kelas: mahaiswa diharapkan aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran di kelas, menyampaikan informasi, pemikiran, dan kritik atas topic-topik yang disajikan oleh mahasiswa atau dosen. Aktivitas ini dinilai dengan bobot 20 %.
3. Penyajian makalah: setiap mahasiswa diwajibkan membuat dan menyajikan minimal satu makalah, sesuai topic bahasan yang telah ditetapkan. Penyajian makalah ini dinilai dengan bobot 30 %.
4. Tugas dan/atau Ujian Akhir: setiap mahasiswa diwajibkan membuat makalah akhir, dengan memperbaiki makalah yang disajikan sebelumnya atau dalam bentuk hasil jawaban atas tugas dan/atau soal take home yang diberikan pada akhir perkuliahan. Tugas ini dinilai dengan bobot 50 %.

NILAI AKHIR dirumuskan: 2 X Akt. + 3 X 2 Mklh. + 5 X TA
----------------------------------------- = NA
10

F. REFERENSI
1. Robert S Zais, Development Curriculum Theory and Parctise, London, Harver & Row Publiseher
2. Robert S Zais, Development Curriculum Principles and Foundations,, New York: Harver & Row Publiseher.
3. Ralph W Tyler, Basic Principles of Curriculum and Instruction, Chicago, The University of Chicago Press.
4. Diane Lapp et.al, Teaching and Learning, Philoshophical, psychological Curriculum Application, New Yorl, Macmillan Publisher Co, Inc.
5. Miller, John P, Curriculum Perspectives and Practice, New York, Longman
6. Oliva, Peter F. Develpoving the Curriculum, United Statetes: Harper Collin Publishers.
7. Giroux, Henry A, et al, Curriculum & Instruction Alternatives in Education, California: McCutchan Publisher Corporatin.
8. Longstreet, Wilma S., Curriculum for a New Millennium, Boston: A Division of Simon & Schuster, Inc.
9. Taba, Hilda, Curriculum Develpoment Theory and Practice, New York, Harcourt, Brace & World, Inc.
10. Nana Syaodih Sukamdinata, Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktis, Jakarta: Proyek Peningkatan Pendidikan Tinggi Keguruan.
11. Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Rosda
12. Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta, PT Rajagrapindopersada.
13. Hasan, Hamid, Evaluasi Kurikulum, Jakarta: Proyek Peningkatan Pendidikan Tinggi Keguruan
14. Nurgiyantoro, Burhan, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah (Sebuah Pengantar Teoritis dan Pelaksanaan). Yogyakarta, BPFE.
15. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003
16. Undang-undang Guru dan Dosen No. 19 tahun 2005
17. Peraturan Pemerintah No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan
18. Peraturan Pemerintah No. 23 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Standar Pendidikan
19. Peraturan Pemerintah No. 24 tahun 2006 tentang Standar Kelulusan
20. Dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar