Minggu, 25 September 2011

MEDIA PEMBELAJARAN


MEDIA PEMBELAJARAN
A. IDENTITAS MATA KULIAH
     1. Mata Kuliah : Media Pembelajaran
     2. Program Studi : PAI
     3. Fakultas : Tarbiyah
     4. Bobot : 2 SKS
     5. Jumlah Pertemuan : 12 (duabelas belas) kali
     6. Dosen Pengampu : Toto Warsito, M.Ag.

B. TUJUAN
     Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan praktis tentang cara-cara merencanakan dan merancang pembuatan media pembelajaran yang sederhana dan murah namun memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan efektifitas pembelajaran.  memberikan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan    tentang  media pembelajaran baik secara filosofis, teoritis, maupun praktis.

C. DESKRIPSI MATA KULIAH
     Mata kuliah ini membahas fislosofi, teori, dan model-model praktis  media pembelajaran yang berkembang selama ini. Pembahasan diawali dengan pengenalan tentang konsep media, landasan teoritis penggunaan media pembelajaran. Selanjutnya dibahas tentang konsep-konsep media pembelajaran dengan segenap aspeknya.

D. TOPIK BAHASAN
1.       Pengertian Media
2.       Landasan Teoritis Penggunaan Media Pembelajaran
3.       Ciri-ciri Media Pembelajaran
4.       Fungsi dan manfaat media pembelajaran
5.       Pengenalan beberapa media
6.       Pemilihan media pembelajaran
7.       Penggunaan Media pembelajaran
8.       Pengembangan Media Pembelajaran
9.       Evaluasi Media Pembelajaran
10.   Pembuatan media pembelajaran sederhana
11.   Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar

E.  Referensi
1.       Azhar Arsyad, Media Pembelajaran,Jakarta,PT Rajagrafindo Persada,2008
2.       Arif Sadirman,dkk. Media Pendidikan,Jakarta,CV Rajawali,1990

E. TUGAS DAN PENILAIAN
    1. Kehadiran: Setiap Mahasiswa wajib menghadiri acara perkuliahan dalam bentuk tatap muka di kelas minimal sebanyak 75 % dari total seluruh kegiatan perkuliahan. Aktivitas kehadiran ini menjadi syarat untuk mengikuti ujian akhir semester bagi mahasiswa yang bersangkutan.
    2. Aktivitas partisipasi di kelas: mahaiswa diharapkan aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran di kelas, menyampaikan informasi, pemikiran, dan kritik atas topik-topik yang disajikan oleh mahasiswa atau dosen. Aktivitas ini dinilai dengan bobot 20 %.
    3. Penyajian makalah: setiap mahasiswa diwajibkan membuat dan menyajikan minimal satu makalah, sesuai topik bahasan yang telah ditetapkan. Penyajian makalah ini dinilai dengan bobot 30 %.
    4. Tugas dan/atau Ujian Akhir: setiap mahasiswa diwajibkan membuat makalah akhir, dengan memperbaiki makalah yang disajikan sebelumnya atau dalam bentuk hasil jawaban atas tugas dan/atau soal take home yang diberikan pada akhir perkuliahan. Tugas ini dinilai dengan bobot 50 %.
NILAI AKHIR dirumuskan: 2 X Akt. + 3 X 2 Mklh. + 5 X TA
----------------------------------------- = NA
10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar