Rabu, 19 September 2001

FILANTROPI ISLAM DI INDONESI


FILANTROPI ISLAM DI INDONESIA
Oleh TOTO WARSITO,M.Ag

Minggu yang lalu, mesjid kami kedatangan tamu istimewa. Dia adalah seorang pengusaha sukses dari Jakarta. Mesjid kami adalah mesjid yang ke-545 yang dikunjungi dari 1000 mesjid yang direncanakan di seluruh Indonesia. Yang menarik dari kedatangannya ialah caranya berdakwah. Sehabis berjamaah magrib dia membagikan kartu nama yang diselipi uang kertas pecahan limapuluh ribu dan duapuluh ribuan. Di kartu nama itu tertulis trik sukses seorang muslim :1. Punya profesi, 2. Sholat berjamaah tepat waktu, 3. Sedekah secara rutin. “Inilah cara berdakwah yang bisa kami lakukan. Kami selalu bersedekah 20% dari harta yang kami miliki.” Katanya.
Ya, itulah  kedermawanan. Dalam kajian ilmiah biasa disebut dengan Philanthropy (filantropi). Dari segi bahasa filantropi berarti kasih sayang terhadap sesama manusia;kedermawanan;badan amal atau kemanusiaan;dan dapat pula berarti kemanusiaan atau amal. Menurut istilah, filantropi dapat diartikan sebagai keikhlasan menolong dan memberi sebagian harta, tenaga maupun pikiran, secara suka rela untuk kepentingan orang lain. Hal ini dilakukan tanpa memikirkan atau memperhitungkan kepentingan maupun keuntungan diri sendiri. (Uswatun Hasanah,2003).Karenanya, dalam melaksanakan filantropi, seseorang tidak sekedar memberi atau memuaskan keinginan atau kebutuhan diri sendiri, tetapi juga peduli kepada siapa, untuk apa, dan apa dampaknya pemberian tersebut, agar pemberian tersebut benar-benar membawa manfaat bagi yang menerima. Adapun yang dimaksud filantropi Islam, seperti dikemukakan Thomas Silk, dalam hal ini adalah sumbangan material dan finansial dalam masyarakat Islam.
Dalam ajaran Islam, ada dua dimensi utama hubungan yang harus dipelihara, yaitu hubungan manusia dengan Allah, dan hubungan manusia dengan manusia lain dalam masyarakat. Kedua hubungan itu harus berjalan bersama, terkait satu sama lain. Dengan melaksanakan kedua hubungan itu, hidup manusia akan sejahtera baik di dunia maupun di akhirat kelak. Untuk mencapai tujuan kesejahteraan yang dimaksud, selain dari kewajiban zakat, masih disyariatkan juga untuk memberikan sedekah, infak, hibah dan wakaf kepada pihak-pihak yang memerlukan. Hal ini dimaksudkan untuk menjembatani dan memperdekat hubungan sesama manusia, terutama hubungan antara kelompok yang kuat dengan kelompok yang lemah;antara yang kaya dengan yang miskin.
Apabila dikategorisasikan lembaga-lembaga yang terkait dengan filantropi Islam di Indonesia dapat dibagi empat. Yakni; pertama, lembaga yang menghimpun zakat, infak dan sedekah; kedua yayasan badan wakaf; ketiga, baitul mal wat tamwil; dan keempat, adalah model kepanitiaan pengelola zakat, infak, dan sedekah yang tidak permanen, yang biasanya dibentuk oleh pengurus masjid, organisasi Islam atau lembaga pendidikan yang dibentuk pada saat Ramadhan atau di saat mereka akan membangun masjid, sekolah, pesantren, dan lain-lain.
Menurut ajaran Islam, semua kegiatan manusia, termasuk kegiatan sosial dan ekonomi, haruslah berlandaskan keimanan. Setiap ikatan atau hubungan antara seseorang dengan orang lain dan penghasilannya yang tidak sesuai dengan ajaran tauhid merupakan ikatan atau hubungan yang tidak Islami. Dengan demikian, realitas dari adanya hak milik mutlak tidak dapat dibenarkan dalam Islam, sebab hal ini berarti pengingkaran terhadap tauhid. Menurut ajaran Islam, hak milik mutlak hanya ada pada Allah. Hal ini berarti bahwa hak milik yang ada pada manusia hanyalah hak milik nisbi atau relative. Islam mengakui setiap individu sebagai pemilik apa yang diperolehnya melalui bekerja dalam pengertian yang seluas-luasnya, dan manusia berhak untuk mempertukarkan haknya itu dalam batas-batas yang telah ditentukan secara khusus dalam hukum Islam.
Persyaratan-persyaratan dan batas-batas hak milik dalam Islam sesuai dengan kodrat manusia itu sendiri. Yaitu, dengan sistem keadilan dan sesuai dengan hak-hak semua pihak yang terlibat di dalamnya. Hak milik perorangan didasarkan atas kebebasan individu yang wajar dan kodrati, sedangkan kerjasama didasarkan atas kebutuhan dan kepentingan bersama. Menurut ajaran Islam, manfaat dan kebutuhan akan materi adalah untuk kesejahteraan seluruh umat manusia, bukan sekelompok manusia saja.
Dalam ajaran Islam, terdapat dua prinsip utama. Pertama, tidak seorang pun atau sekelompok orang pun yang berhak mengeksploitir orang lain. Kedua, tidak ada sekelompok orang pun boleh memisahkan diri dari orang lain dengan tujuan untuk membatasi kegiatan sosial ekonomi di kalangan mereka saja.
Karenanya, seorang muslim harus mempunyai keyakinan bahwa perekonomian suatu kelompok, bangsa, maupun individu, pada akhirnya akan kembali berada di tangan Allah. Jika seseorang mempunyai keyakinan demikian, dirinya tidak akan diperbudak oleh keduniaan.
Islam memandang umat manusia sebagai satu keluarga. Maka, setiap manusia adalah sama derajatnya di mata Allah, dan di depan hukum yang diwahyukan-Nya. Untuk merealisasikan kekeluargaan dan kebersamaan tersebut, harus ada kerjasama dan tolong-menolong. Konsep persaudaraan dan perlakuan yang sama terhadap seluruh anggota masyarakat di muka hukum, tidaklah ada artinya kalau tidak disertai dengan keadilan ekonomi, yang memungkinkan setiap orang memperoleh hak atas sumbangannya terhadap masyarakat. Agar tidak ada eksploitasi yang dilakukan seseorang terhadap orang lain, maka Allah melarang umat Islam memakan hak orang lain. Sebagaimana firman-Nya,”Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi dengan membuat kerusakan (QS.26 :183).
Dengan komitmen Islam yang khas dan mendalam terhadap persaudaraan, keadilan ekonomi dan sosial, maka ketidakadilan dalam pendapatan dan kekayaan bertentangan dengan Islam. Tetapi, konsep keadilan Islam mengenai distribusi pendapatan dan kekayaan serta konsepsinya tentang keadilan sosial tidaklah menuntut bahwa semua orang harus mendapat upah yang sama tanpa memandang kontribusinya kepada masyarakat. Islam memang mentolerir ketidaksamaan pendapatan sampai tingkat tertentu, karena setiap orang tidaklah sama sifat, kemampuan, dan pelayanannya dalam masyarakat. Dalam Al-Quran disebutkan,”Dan Allah melebihkan sebagian kamu dari sebagian yang lain dalam hal rezeki…(QS.16:71).
Dalam ajaran Islam, seseorang boleh menikmati penghasilannya sesuai dengan kebutuhannya. Kelebihan penghasilan atau kekayaannya harus dibelanjakan sebagai sedekah karena Allah, atau diinvestasikan kembali dalam suatu usaha yang akan mendatangkan keuntungan, lapangan kerja, dan penghasilan bagi orang lain.
Mudah-mudahan spirit Ramadhan mampu menggairahkan kembali kedermawanan kita agar orang lain ikut merasakan kenikmatan yang kita miliki, semoga. Wallahu “alam.
Penulis
Ketua AGUPENA ,Guru SMAN Rajagaluh
Dosen STAI PUI Majalengka

202 komentar:

  1. nama : firman maulana
    keas :XI Ips4

    saya sangat menyukai cara berdakwah org yg bpk maksud td,tp dgn membagikan kartu nama pd pra jamaah & mnylipkn uang kyknya trksan spt org yang mau pamer kekayaan+harta..... & apakah itu d prbolehkn d Islam?

    BalasHapus
  2. nama : ayu kholipah
    kelas : XI ips 3

    berdakwah dengan menggunakan kartu nama, itu hal yang unik. yang tak semua pendakwah menggunakan cara unik seperti itu...
    saya suka dengan metode dakwah yang unik...
    trimakasih pak..
    hari ini saya mendapatkan ilmu baru..

    BalasHapus
  3. Nama:Fitria Ayu Dewi
    Kelas:XI ips2
    Berdakwah dengan cara membagikan kartu nama dan menyelipkan uang. Menurut saya itu hal yg baik untuk di contoh. Apalagi dalam kartu nama itu tertulis "trik sukses seorang muslim", dengan itu dapat mengingatkan kita untuk bersedekah dari sebagian harta kita. tetapi bukan hanya bersedekah nya saja, kita juga harus melaksanakan sholat berjamaah.saya setuju sekali.
    terima kasih bapak.....

    BalasHapus
  4. Nama:mega anjarwati
    kelas: XI IPA 4
    Assalamualaikum wr.wb
    saya sangat menyukai 3 trik sukses seorang muslim yang tercantum dalam kartu nama pendakwah tsb,karena menurut saya itu sangat bermakna dan mudah berkesan di hati.terima kasih pak
    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  5. Nama : Laelia fitriawati
    Kelas : XI IPA 4

    asalamu'alaikum wr.wb
    saya sependapat dengan cara berdakwah yang dg membagikan kartu nama yang di selipi sejumlah uang dan 3 trik sukses seorang muslim tetapi banyak diantaranya sedekah yang mengharapkan pujian saya harap tidak seperti itu. niat hanya karna ridha allah swt, dan sedekah tidak harus dengan material tetapi juga non material ini sangat bermanfaat semoga kita bisa mengambil suri tauladannya amin.
    wasalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  6. Nama:Silviana Pratiwi
    Kelas:XI IPS 2
    berdakwah dgn cara membagikan kartu nama menurut saya hal yg jarang di jumpai pada setiap dakwah lain apalagi di dalamnya diselipi uang dan tertulis 3 trik sukses seorang muslim yg bisa memotivasi umat muslim untuk melakukan hal yg positif dan mungkin bisa menuruti ke 3 trik tsb untuk menuju sukses seorang muslim di dunia dan akhirat.
    terimakasih pak.

    BalasHapus
  7. Nama :Eha.Apriani
    kelas:XI IPA 4
    Assalamualaikum.wr.wb
    pertama saya ucapkan terimakasih karena bapak telah memberikan ilmu yang baru untuk saya dan semua orang yang membaca filantropi ini semoga ini dapat bermaanfaat bagi kita semua,amin.menurut saya sedekah tidak mesti berprofesi tinggi karena sedekah bersifat universal.Akan tetapi bagaimana jika seseorang itu berprofesi sebagai "pencuri"?
    cukup sekian,
    wassalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  8. Nama :Anisa Riany
    Kelas:XI IPA 4
    Ass...
    Filantropi Islam ini mengingatkan kita sbg mulim di Indonesia yang sedikit melupakan kewajiban kita,yaitu hubungan kita dengan ALLAH dan hubunan manusia dengan manusia lainnya.Dan sebagian muslim di Indonesia hanya mementingkan kepetingan pribadinya.
    Terimkasih....

    BalasHapus
  9. Nama:Titin
    Kelas:XI IPS 1
    Saya menyukai salah satu trik menjadi seoreng muslim yg sukses yakni bahwa dgn bersedekah kita akan mendapatkan kesuksesan baik di dunia maupun akhirat...

    BalasHapus
  10. nama:novi afriyani
    kelas: XI.IPA.2

    Assalamualikum wr.wb
    saya sependapat dengan firman maulana,,bersedakah dengan cara memberi tahu orang lain apakah di perbolehkan islam?
    yang saya tahu,,kalau memberi sedekah dengan cara membri tahu orang lain,itu sama saja dengan pamer dan ingin memberi tahu orang lain,,bukan nya itu gak baik pak?

    tetapi,saya juga setuju bersedekah dengan cara memberikan kartu nama dan menyelipkan uang karna sangat jarang ada orang yang seperti itu,,

    hehe,maaf ya pak kalau ad kata2yang enggan di hati..
    wassalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  11. nama:aris juhari
    kelas:XI.ips.1

    asalamualaikum.wr.wb
    saya suka dengan cara berdakwa ,dangan membagikan kartu nama dan di selipi sejumlah uang dan 3 trik sukses seorang muslim, itu hal yang unik sekali bagi saya ......memang tujuan nya baik,tetepi apakah dengan cara ini tidak pamer dan apkah di per boleh kan dalam islam?
    terima kasih.
    wasalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  12. Nama : Shela Aluna Sagita
    kelas : XI IPA 2

    Assalamualaikum wr.wb..
    Menurut saya berdakwah dengan menggunakan cara seperti di atas yaitu dengan cara memberikan kartu nama yang diselipi uang dan kartu nama itu tertulis 3 trik sukses seorang muslim merupakan cara yang sangat menarik dan merupakan cara yang berbeda dari pada yang lain. berdakwah dengan seperti itu juga memberikan contoh kedermawanan seseorang.
    Dan saya sangat setuju sekali dengan trik sukses seorang muslim yang ketiga yaitu sedekah secara rutin. karena dengan bersedekah secara rutin, walaupun tak seberapa jumlahnya dan memberikannya dengan ikhlas, maka diakhirat nanti amalan ini tidak akan hilang atau terputus.
    sekian yang dapat saya sampaikan. kurang lebihnya mohon ma'af...
    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  13. nama : tri sartika
    kelas: x1 ips 1


    assalamu'alaikum....
    saya menyukai cara berdakwah orang yang di mksud dalam cerita tersebut..karena itu merupakan salah satu cara dakwah yang unik,dan jarang-jarang orang berdakwah seperti cra tersebut..
    ini lah komentar dari saya..wasalam...

    BalasHapus
  14. nama : aam syamsiah
    kelas : XI ips 1

    dakwah menggunkan kartu nama..
    hemmm itu sesuatu hal yang bagus, tapi.. dengan menyelipkan uang di kartu nama itu, orang itu seperti ingin mengatakan bahwa " sayalah yng memberi uang itu" dan untuk 3 trik yang ada di kartu nama itu, saya sangat suka, karena bisa mengingatkan orang tatkala lupa...
    i like it...

    BalasHapus
  15. assalamualaikum wr.wb

    nama : m zainul a
    kelas : XI ips 3

    assalamualaikum wr wb
    dalam posting di atas bahwa berdakwah tidaklah hanya harus dengan ceramah tetapi dengan cara cara lain yang bisa lebih bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan yang akan mendorong kita untuk terus berdakwah

    Allahuakbar !!!!!!!

    BalasHapus
  16. Nama : Ghina Aghniatus Sholihah
    Kelas: XI-IPA1

    Assalamu'alaikum...
    Sungguh saya senang bahwa begitu banyak orang-orang bersaing dalam kebaikan, dan caranya yang berbeda-beda pula..
    contohnya untuk kali ini, berdakwah dengan membagikan sebagian hartanya+ilmunya tentng 3 trik tersebut, saya sungguh kagum terhadap beliau,, dan semoga saya juga bisa sepertinya,, di kemudian hari
    amiin,,

    BalasHapus
  17. Nama : Muhamad Arif Praja
    Kelas : XI - IPS2

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Saya baru pertama kali mendengar/membaca Cara Berdakwah Menggunakan Kartu Nama(yang dibaliknya ada 3 trik sukses seorang muslim), Plus diselipkan uang kertas pecahan limapuluh ribu dan duapuluh ribuan.
    Siapa yang tidak mau rezeki(uang) yang diselipkan di kartu nama. Sehingga Berdakwah Menggunakan Kartu Nama ini menurut saya cukup ampuh.

    BalasHapus
  18. nama : Dina Rodiatul Jannah
    kelas : XI IPA 2
    Assalamualaikum wr.wb
    menurut saya berdakwah dengan cara seperti itu sama saja dengan perbuatan pamer atau Riya' dan sepertinya cara seprti itu tidak patut untuk di jadikan trik bedakwah dan masih banyak trik untuk berdakwah,,,
    hal positif yang dapat di petik kita belajar untuk bersedekah terhadap sesama...


    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  19. Nama : Nurlita Aulia
    Kelas : XI IPA 2
    Assalamualakum Wr.Wb
    menurut saya dari sebagian orang orang untuk caranya bersedekah atau melakukan kebaikan itu berbeda-beda. dan dari filantropi tersebut itu kita mengetahui salah satu cara berdakwah dan bersedekah dengan cara yang bebeda .. tetapi dari semua itu kita harus bisa mengambil yang positifnya saja.. karena apa yang selalu dilakukan manusia itu terdapat hal yang positif maupun negatif.
    terima kasih.
    wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  20. Nama :Fitri Triana Dewi
    Kelas :XI IPA 2

    Asslamualaikum wr.wb
    menurut saya,dari filosofis itu kita dapat mengambil nilai moral bahwa kita itu haruslah berbagi dengan orang lain .Karena sesuatu yang kita punya itu ada hak milik orang lain juga dan harta yang kita punya itu merupakan titipan Allah yang harus kita pergunakan dengan sebaik-baiknya.Dan memberikan sumbangan dengan menyelipkan kartu nama itu , seolah-olah yang memberikannya itu ingin di puji.Tetapi apapun caranya orang itu memberikan sumbangan ,kita ambi nilai positipnya saja.

    BalasHapus
  21. nama : rima novisyah
    kelas: XI IPA 3

    assalamualaikum wr.wb
    menurut saya itu sesuatu yang unik dan kerren ,hee
    karena jarang orang berdakwah dengan membagikan kartu nama , apalagi uang . jangankan untuk dibagikan , untuk menyumbang kepengemis saja jarang yang ada .

    semoga dari filantropi ini kita semua mendapat pelajaran baguss :)
    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  22. Nama : Sela Susilawati
    Kelas : XI-IPS 1

    Assalamualaikum wr.wb.

    Berdakwah itu bisa di lakukan dengan berbagai cara termasuk,dengan cara yang seperti di lakukan oleh filosifis tersebut.Berdakwah dengan cara memberikan kartu nama dan diselipkannya sebuah uang tersebut bukan maksud untuk di puji tetapi bermaksud untuk berbagi rizki dan ilmu yang telah di dapat untuk di berikan kepada mereka agar mereka pun bisa merasakan hidup bahagia seperti ia.Semoga cara dakwanya itu dapat di ambil hal-hal yang positifnya, dan bisa bermanfaat,dan semoga dakwannya terus bisa berjalan dengn baik hingga banyak orangpun yang tersadar akan perlunya berbagi nikmat yang telah di dapat oleh mereka,sebagai tanda terimakasih kita pada -NYA.
    terimakasih dan maaf bila kata-katanya kurang berkenan
    wassalamualaikum.wr.wb.

    BalasHapus
  23. Nama : Devi Rosmilawati
    Kelas : XI IPA 3

    Assalamualaikum wr.wb
    alhamdulillah ya pak kalau menurut saya itu sangat sesuatu sekali perilaku yang sangat terpuji....
    bahkan saya sudah tidak bisa berkata apa-apa lagi,, bpk tahu kenapa??? "karena itu sangat amazing bangettttttttttttttttttttt!!!!!!!!!!!!!!!!!



    ANNOUNCEMENT......
    Marillah kita junjung rasa ingin memberi kepada sesama,, dan cintailah DAKWAH-DAKWAH DI INDONESIA........ :)

    HIDUP PAK TOTTO....
    ALLAHUAKBARR!!!!!!!!!!!

    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  24. Nama : Intan Nurmalasari
    Kelas: XI IPS 3

    Assalamualaikum Wr.Wb
    saya sangat suka dengan cara orang itu berdakwah, karna dalam dakwah itu menggunakan kartu nama dan di dalam kartu nama itu adha trik sukses seorang muslim....
    jadi orang-orang yang mendengarkannya akan mengikuti trik tersebut....
    terima kasih bapak....
    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  25. Nama : Dini Oktapiani
    Kelas: X1 IPS 1

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Menurut saya berdakwah dengan cara seperti itu sama saja perbuatan Riya'dan seprtinya cara itu tidak patut untk d jadikan trik berdakwah dan msih bnyak lagi utk trik berdakwah yang lain nya...
    hal positif yang dapat d petik kita belajar untk bersedekah terhadap sesama orang muslim...
    terima kasih bapa...
    Wassalammualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  26. Nama : Dini Oktapiani
    Kelas: X1 IPS 1

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Menurut saya berdakwah dengan cara seperti itu sama saja perbuatan Riya'dan seprtinya cara itu tidak patut untk d jadikan trik berdakwah dan msih bnyak lagi utk trik berdakwah yang lain nya...
    hal positif yang dapat d petik kita belajar untk bersedekah terhadap sesama orang muslim...
    terima kasih bapa...
    Wassalammualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  27. Nama : Gilang Nurhijah Meidiyah
    Kelas: X1 IPA3

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Menurut saya wajar dan unik saja berdakwah dengan cara tersebut. tetapi, cara tersebut dapat menimbulkan pendapat positif dan negatif. orang akan berpikir, berdakwah dengan cara seperti itu, agar dipuji orang lain, dan lain-lain.
    its ok, no problem. kalau pake cara tersebut, tetapi diawali dengan niat ubtuk berdakwah dan bersedekah bukan untuk di puji..
    terimakasih pak..
    Wassalammualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  28. Nama : Ihat Solihat
    Kelas: XI IPS 1

    assalamualaikum wr.wb...
    menurut saya hal seperti itu s
    negatif, soalnya itu sama saja ria.., berdakwah memberi krtu nama dan d.selipkan uang itu sama saja ria,, memberi uang kenapa harus dengan kartu namanya??sama aja ria donk,, kenapa tidak uang nya sajah, gak harus dengan kartu nama !! makasih
    wassalam ...........

    BalasHapus
  29. Nama : Yayah Fitriyah
    Kelas: XI IPA 3

    Assalamualaikum Wr.Wb
    setelah membaca tulisan bapa, menurut saya bukankah sedekah lebih baik jika orang-orang tidak mengetahui siapa yang bersedekah??????????
    tapi, bagus juga si niat bersedakah sekaligus bersilaturahmi...
    semoga kita bisa mengambil hikmah dari apa yang bapa kisahkan :)
    wassalamu'alaikum wr.wb
    d.tunggu kisah selanjutnya pak ... :D

    BalasHapus
  30. Nama : Fifit Safitri
    Kelas : XI IPS 1

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Menurut saya trik2 dari berdakwah tersebut sangatlah terpuji karena bisa memotivasi semua orang untuk melakukan hal-hal yang baik,akan tetapi cara membagikan kartu nama dengan menyelipkan sejumlah uang di dalamnnya tidaklah buruk asalkan orang tersebut tidak mempunyai niat untuk berbuat "Riya".....

    Maaf apabila saya ada salah2 kata.

    wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  31. Nama : Fifit Safitri
    Kelas : XI IPS 1

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Menurut saya trik2 berdakwah secara itu sangatlah terpuji karena bisa memotivasi orang2 untuk berbuat baik sesama manusia, akan tetapi membagikan kartu nama dengan menyelipkan sejumlah uang di dalamnya itu tidaklah buruk asalkan orang itu tidak mempunyai niat untuk berbuat "Riya"......

    Maaf apabila ada salah2 kata.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  33. Nama : Mutia Barkah
    Kelas : XI IPS 1

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Menurut saya cara berdakwah beliau memanglah sangat bagus, trik sukses seorang muslim yang beliau katakan sangatlah bisa untuk memotivasi semua orang untuk berbuat hal yang baik. Namun cara beliau membagikan kartu nama dengan di selipi uang menurut saya seakan-akan beliau berbuat riya, yaa akan tetapi itulah cara beliau menyampaikan dakwahnya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  34. Nama : Nunung Nuryati
    Kelas : XI IPS 1

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    SubhanaaLLah...
    cara berdakwah seperti itu uniik sekaleee... jarang sekalee menyampaikan dakwah nya dengan cara seperti itu..
    triik di dalam dakwah tersebut bisa menjadi dorongan bagi si pembaca dan bisa untuk menyadarkan orang itu agar menjadi orang yang baik di dunia dan akherat !!!!!!!!!!

    wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  35. Nama : Ida Rosidah
    Kelas: x1 ips 1

    assalamu'alaikum Wr.Wb

    menurut saya cara beliau menyampaikan dakwah nya sangat lah bagus dan uniik,,, dengan memberi kartu nama dn uank untuk cara beliau bersilaturahmi itu lah yang jarang di lakukan oleh setiap muslim...
    subhanaaLLah....
    trikknya bagus bangeeettttttttttttt..............

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  36. Nama : Lestariyani
    Kelas :XI Ipa 3

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Subhanallah,,andai semua islam yg mampu bisa seperti itu,mungkin yang kurang mampun akan berkurang,indahnya islam jika kita memahami ,apa yang kita miliki itu adalah milik Allah SWT,yang mana kitapun harus memberi kepada orang-orang yang berhak.adapun 3 trik yang jitu itu sangat sangat memotivasi,i like it..

    BalasHapus
  37. nama :nurul aulia pratiwi
    kelas:XI Ipa 2

    assalamu'alaiku Wr.Wb

    cerita di atas bagus supaya bisa memotivasi semua orang untuk bersedekan dan itu juga bermanfaat bagi orang yang membutuhkannya.

    tetapi dalam cerita tersebut
    cara memberikanya sangat lah tidak sesuai dengan ajaran islam karena di dalam nya terkandung sifat-sifat yang menunjukkan ingin di puji orang lain (pamer).
    seharusnya bersedokoh yang lebih baik itu tidak di ketahui oleh siapapun cukup orang yang bersodakoh dan allah swt yang mengetahui nya.
    maaf pak kalau misalnya ada kata-kata yang kurang sopan.

    wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  38. nama:Ratna Afifah
    Kelas: XI IPA 2

    komentar:
    saya kurang setuju dengan cara dakwah yang di lakukan tersebut karena menyelipkan uang pada kartu nama,hal tersebut berkesan kurang etis walaupun pada dasar nya hal itu merupakan suatu sedekah.

    BalasHapus
  39. nama:putri h
    kelas:XI.IPA 2

    ASSALAMUALAIKUM WR WB
    saya cukup menyukai isi pidato ini tetepi mengapa disitu tertulis bahwa menyelipkan uang dikrtu nama ,tapi yang saya suka yaitu mengajarkan kita untuk bersodakoh ,untuk menyisihkan uang untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan.di dalamnya juga mengajarkan kita untuk berbagi dan masih banyak lagi......
    maaf jika ada kata yang kurang sopan

    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  40. nama : Windasari
    kelas : XI Ipa 2

    Assalamu'alaikum WR.WB

    saya setuju dengan isi pidato yang saya baca, karena di dalamnya banyak mengajarkan hal2 yang baik, seperti menyisakan sedikit harta yang kita miliki untuk bersedekah.
    maaf bila ada kata yang tidak sopan

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  41. Nama : Irna christina Sari
    Kelas : XI IPA 2

    Komentar :
    Assalamu'alaikum...
    Mungkin itu adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk bersedekah. namun dalam hal ini saya sedikit menyanggah dengan cara tersebut. karena menurut saya cara yang dilakukan tersebut terkesan riya dengan memberikan kartu nama. alangkah baiknya, jika kita ingin bersedekah, di berikan langsung kepada orang yang berhak menerimanya tanpa ada kartu nama atau undangan. karena sedekah akan sempurna jika sedekah tersebut hanya dikethui oleh orang yang memberikan sedekah dan Allah S.W.T. dan mungkin lebih baik lagi sedekah itu tidak dibatasi dengan jumlah.
    Wassalam...

    BalasHapus
  42. nama : megawati
    kelas :xl ipa 3

    assalamualikum wr wb...
    subhanallah ,islam memang indah dalam menyebarkan dakwah termasuk dengan cara dakwah seperti di atas...
    selain bisa berdakwah kita juga bisa mempererat tali persaudarraan dengan cara bersedekah...

    wassalam
    ....

    BalasHapus
  43. Anita Sari
    XI IPA 3

    ini sangat menarik sekali dilihat dari caranya berdakwah , apalagi kan mengunjungi 1000 mesjid.. subhanallah
    dari arti filantropi ini sendiri dapat diartikan sebagai "keikhlasan menolong dan memberi sebagian harta, tenaga maupun pikiran, secara suka rela untuk kepentingan orang lain. Hal ini dilakukan tanpa memikirkan atau memperhitungkan kepentingan maupun keuntungan diri sendiri" kalimat ini sangat menyadarkan kepada kita untuk memberi kepada sesama..

    BalasHapus
  44. siti nurlaely azizah3 Oktober 2011 pukul 19.35

    Nama : Siti Nurlaely Azizah
    Kelas : XI IPA !

    menurut saya

    di sisi lain saya suka cara berdakwahnya dengan cara membagikan kartu nama yang di dalamnya ada trik sukses seorang muslim,tetapi di sisi lain menurut saya berdakwah dengan cara pake kartu nama dan di selipi uang itu perbuatan Ri'ya,,,

    BalasHapus
  45. Nama : Siti nurlaely Azizah
    Kelas : XI IPA 1

    menurut saya

    di sisi lain saya suka cara berdakwahnya dengan cara membagikan kartu nama dan di dalamnya ada trik sukses seorang muslim,tetapi di sisi lain menurut saya berdakwah dengan cara pake kartu nama dan di selipi uang itu termasuk perbuatan Ri'ya.

    BalasHapus
  46. Aan Nurjanah
    XI IPA-3

    Assalamualaikum wr.wb
    Jujur, saya pribadi belum bisa melaksanakan shalat berjama'ah tepat waktu, saya lbh sering shalat munfarid.
    masalahnya yang sampai saat ini membuat saya belum bisa melaksanakan shalat berjama'ah tepat waktu adalah sifat malas yang sampai saat ini belum hilang dari diri saya.
    jangankan shalat berjama'ah tepat waktu,shalat munfarid juga kadang tidak tepat waktu.
    saya bingung, sebenarnya saya harus bagaimana ?
    Mohon saran nya agar sifat malas saya ini bisa hilang.
    Terimakasih Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  47. Nama : Eva Suarsih
    Kelas: XI Ipa2

    assalamualaikum wr.wb

    saya tidak setuju dengan cara berdakwah seperti itu.. karena apabila akan bersedekah jangan pamer kepada orang lain seharusnya ikhlas dan tidak ada niatan unutk pamer..
    makasihh

    wassalam ..

    BalasHapus
  48. Nama : Nela Marsela
    Kelas : XI IPA2

    Assalamualaikum wr.wb

    Menurut saya berdakwah seperti itu menarik, unik beda dari yang lain,,, tetapi kalo menyelipkan uang di kartu nama di pandang nya kurang sopan atau sering di sebut ria,,,
    makasihhh

    Wassalam..

    BalasHapus
  49. nama:rachman hendra
    kelas:xi ipa 1

    ketika ada pendakwah datang ke desa saya , pendakwah itu bilang bahwa dalam shalat harus ada jeda .jika ada seseorang imam tidak memakai jeda dalam shalat apa hukumnya dan apakah itu wajib di laksanakan ????

    BalasHapus
  50. nama: filly apriyanti
    kelas; XI IPA 2

    assalamualaikum wr.wb

    saya berpendapat dengan teman2 yang lain bahwa dakwah tersebut memang menarik,,tetapi sayangnya caranya salah,,karna kalau kartu nama di selipkan dengan uang itu sama saja dengan kita memberi tahu orang lain atau pamer(riya),,
    oleh karna itu sifat itu tidak diperbolehkan dalam agama,,maka kita sebagai muslim tidak boleh meniu sifat itu,,benar gak pak?????

    maaf kalau ada kata2 yang salah atau enggan di hati

    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  51. nama:irpan sopyan
    kelas:XI IPS 1

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    cara berdakwah itu sangat bagus ,,karena selain bisa berdakwah, kita juga dapat mamperbanyak sodakoh ...

    BalasHapus
  52. nama:achmad zaenal arifin KSM
    kelas:XI.IPA.2

    assalamualaikum.wr.wb
    menurut pendapat saya cara bersedekah dengan menyelipkan uang dengan kartu nama dan di selipkan uang,itu sangat jarang sekali ada orang yang kaya gitu. tapi sayangnya perbuatan seperti itu dilihatnya kurang sopan atau bisa disebut riya
    wassalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  53. Shindy Rindany
    XI IPS 3

    Assalamualaikum.Wr.Wb.

    menurut saya berdakwahnya bagus,tetapi di samping itu saya kurang setuju dengan adanya sesuatu yang bersifat pamer(riya).sama saja kita menyampaikan dakwah dengan hati tidak ikhlas/memamerkan kepada orang lain...
    Wassalamualikum.Wr.Wb

    BalasHapus
  54. Assalamu;alaikum
    saya menyukai cara berdakwahnya , walau pun hanya dari sbuah kartu nama saja karna hal ini tidak mementingkan apa pun & saya juga menyukai 3 trik sukses tersebut...

    wassalamualaikum...

    BalasHapus
  55. Mega Mustika
    XI IPA 2

    Assalamualaikum.Wr.Wb.

    menurut pendapat saya,saya setuju dengan cara berdakwahnya kita bisa mencontoh berdakwah dengan baik,tetapi di sisi lain saya kurang setuju dengan cara menyelipkan uang di dalam kartu nama sebagai imbalannya...karna di situh terdapat sifat pamer/Riya..
    Wassalamualaikum.Wr.Wb

    BalasHapus
  56. NAMA : MIRA AMALIA
    KELAS : X1 IPS 2
    Assalamualaikum ...
    saya menyukai cara berdakwahnya, walaupun hanya dr sebuah kartu nama saja karna hal ini tidak mementingkan apapun & aya juga menyukai 3 trik sukses tersebut...

    wassalamualaikum

    BalasHapus
  57. Nama : Sholehah Hayatun Nupus
    Kelas : XI IPA 2

    Assalamu'alaikum...
    Menurut pendapat saya, berdakwah dengan cara seperti itu cukup baik dan menarik. Tapi, apakah harus membagikan amplop berisikan kartu nama dan uang. Jika memang Beliau ingin berdakwah, berdakwahwahlah secara langsung tanpa harus membagikan amplop.
    Dan jika ia memang ingin bersedekah, bersedakahlah tanpa harus mencantumkan kartu nama.
    Karena setiap pendapat orang-orang itu berbeda, ada yang berfikiran positif dan negatif.
    Jadi kesimpulannya, berdakwahlah secara langsung itu lebih baik, jika ingin bersedekah, bersedekah lah tanpa harus mencantumkan kartu nama. Dan dengan niat yang baik pula.
    Terimakasih.
    Wassalam...

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Nama : Chintia Devi
    Kelas: XI IPA 2


    Assalamualaikum wr. wb

    saya sendiri kurang setuju dengan cara berdakwah beliau,
    memang cara berdakwah seperti membagikan kartu nama dengan diselipkan uang dan trik-trik sukses itu sangat unik dan jarang orang melakukan dakwah seperi itu.
    tetapi menurut saya lebih baik berdakwah dengan membagikan kartu nama dan trik-trik sukses saja sudah cukup, karena dengan menyelipkan uang seperti infak seperti seakan-akan pamer. sedangkan kita tau sendiri infak/sedekah itu tidak boleh pamer bisa menjadi Ria.
    Terimakasih...

    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  60. Neng Helen Setiani
    XI IPA-2
    Assalamualaikum wr.wb
    setelah saya baca saya setuju .tetapi disisi lain saya kurang setuju karena menurut saya berdakwah dengan menyelipkan uang beserta kartu nama itu sama saja pamer ,sedangkan pamer itu dilarang oleh agama kita sendiri tidak boleh pamer

    TERIMA KASIH PAK...

    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  61. Yayat Fajar Hidaya
    XII IPA 1
    banyak yang berdalih dan berbicara banyak2lah bersadaqah seperti cerita di atas. bersedekah tdk hanya dengan uang dan kartu nama, contohnya dgn senyuman atau darah kita.bulan lalu di smanra ada acara donor darah rutin tiap 3 bulan sekali, akan tetapi pmi cuma dpt 10 kantong darah, dari guru 1 dan 9 dari murid. sungguh ironis, padahal sangat banyk orang yg bisa menyumbangkan darahnya, akan tetapi mereka egois. semoga banyak yang menyadari akan hal itu...... terimakasih.....

    BalasHapus
  62. Nama :Azrie Gita Ramadhani
    Kelas:XI IPA 2

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Berdakwah dengan memberikan kartu nama yang di selapi ,,menurut saya hemat dan tidaklah termasuk riya, bila diniati memberikan motivasi pada orang lain, agar mau memberikan sebagian rizki untuk orang lain ataupun demi syariat islam...misalnya pembangunan masjid, bila dilakukan tulus dan ikhlas semua karena mencari ridhonya Allah SWT. Islam telah mengajarkan kepada kita untuk peduli sesama dengan kewajiban berzakat memberikan infaq dan sodakoh, menyantuni anak yatim, bila itu di lakukan insyaallah umat kita akan terbeban dari segala kesusahan duniawi yang akhirnya Allah SWT, akan memberikan imbalan yang berlipat ganda kepadanya...
    SEMOGA KITA BISA Yaaa....!!
    Terima kasih
    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  63. Nama :Ramdhan kusnaedi
    Kelas:XI IPA 2

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Berdakwah dengan menggunakan kartu nama yang unik yang tak semua pendakwah menggunakan cara itu...
    saya suka dengan yang dikatakan pendakwah di atas (trik sukses seorang muslim),menurut saya tidak ada masalah tentang cara menyampaikan dakwah itu,walaupun di atas tertulis menyelipkan sejumblah uang pada kartunama yang telah di bagikan ,mungkin cara itu terasa asing dan menjadi pandangan oleh masyarakat atau menjadi bahan pembicaraan dan di pandang pamer,tapi menurut saya tidak ada masalah karna,tujuan adanya filantropi tersebut adalah menolong dan memberi sebagian harta tenaga dan pikiran/jga dikatakan kasih sayang terhadap sesama manusia..
    trus apa lg yg harus di bhas pak?

    Terimakasih

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  64. nama :hilman hidayatullah
    kls :XI IPA4

    Assalamu'alaikum wr.wb


    menurut pendapat saya,saya setuju dengan cara berdakwahnya kita bisa mencontoh berdakwah dengan baik.

    BalasHapus
  65. Nama :intan andini
    kelas : XI IPA 4

    subhanallah setelah saya membaca ini saya sadar saya harus berbuat baik kepada semua orang dan harus berbgai ...

    BalasHapus
  66. nama : nita angnia dewi
    kelas : XI IPA 4

    subhanallah saya merasa iba atas cerita ini ... saya sadar bahwa saya harus berbagi kepada sesama dan saling tolong menolong karna hidup didunia ini bersaudara.

    BalasHapus
  67. nama : intan andini
    kelas : XI IPA 4


    subhanallah setelah saya membaca ini saya sadar bahawa kita harus saling berbagi dan tolong menolong kepada sesama ....

    BalasHapus
  68. nama : intan andini
    kelas : XI IPA 4

    subhanallah setelah saya membaca ini saya sadar bahwa kita harus saling berbagi dan tolong menolong terhadap saudara dan sesama .

    BalasHapus
  69. nama :wati hernawati
    kelas :XI IPA 4
    Assalamu'alaikum wr.wb
    setelah saya membaca FILANTROFI ISLAM DI INDONESIA saya suka dengan 3 trik sukses seorang muslim.

    BalasHapus
  70. nama: citra listya febriani
    kls : X1 IPA 4




    setelah saya membaca ini saya merasa sadar bahwa kta hdp di dunia ini harus berbuat baik terhadap orang-orang.

    BalasHapus
  71. Nama : Fipit cahyati
    Kls : XI IPA 4
    Assalamu'alaikum wr.wb
    menurut saya setelah membaca blog itu saya berfikir bahwa berdakwah adalah hal yang sangat mulia dalam kehidupan di dunia.

    BalasHapus
  72. asep saefullah
    XI IPA 4

    saya suka dengan yang dikatakan pendakwah di atas (trik sukses seorang muslim),menurut saya tidak ada masalah tentang cara menyampaikan dakwah itu,walaupun di atas tertulis menyelipkan sejumblah uang pada kartunama yang telah di bagikan ,mungkin cara itu terasa asing dan menjadi pandangan oleh masyarakat atau menjadi bahan pembicaraan dan di pandang pamer,tapi menurut saya tidak ada masalah karna,tujuan adanya filantropi tersebut adalah menolong dan memberi sebagian harta tenaga dan pikiran/jga dikatakan kasih sayang terhadap sesama manusia..
    trus apa lg yg harus di bhas pak?

    BalasHapus
  73. nama:rizal ansori haq.
    kelas:X1-ipa4


    Assalamu'alaikum wr.wb


    menurut pendapat saya,saya setuju dengan cara berdakwahnya kita bisa mencontoh berdakwah dengan baik.


    hidup di dunia ini kita semua bersaudara jadi kita wajib untuk saling bagi berbagi sesama muslim...

    wassalamu'alaikum wr.wb ..

    BalasHapus
  74. Nama : Aap Maspupah
    Kelas : XI Ipa 4


    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Setelah saya membaca cerita filantropi islam di indonesia, Saya berpendapat Seharusnya kalau ingin memberi sedekah tidak harus pamer (Ria). Memang cara berdakwahnya baik, namun dengan cara bersedekahnya itu tidak baik menurut pandangan islam.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  75. Nama :Ayu Agustin Gusmayanti
    Kelas :X1 IPA 4

    Asalamualaikum Wr Wb

    menurut pendapat saya mengenai FILANTROPI ISLAM DI INDONESIA..hal yang paling menarik yaitu dalam hal 3 trik sukses seorang muslim karena dapat memotivasi semua umat islam yang ada d indonesia dalam cara berdakwah.
    Terimakasihh yahh pak mudah mudahan ini salah satu cara yang dapat memotivasi diri saya untuk menjadi yang lebih baik lagi.....AMIIINN...

    Wasalamualaikum Wr Wb

    BalasHapus
  76. Nama : Mamah Ayu Fatmawati
    Kelas : XI IPA 1

    Assalamu'alikum wr.wb
    Menurut saya filantropi yang dilakukan oleh pengusaha tersebut merupakan suatu hal yang sangat baik, dan bisa memberikan contoh untuk orang yang mampu agar menyisihkan rizqi yang diberikan oleh Allah SWT..

    Terimakasih
    Wasalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  77. nama:raes komalia
    kelas:XI IPA 1

    assalamu'alaikum wr.wb
    saya sependapat bahwa dengan shalat secara tepat waktu kita dapat belajar disiplin.tidak hanya itu,kita juga bisa lebih dekat dengan ALLAH SWT.
    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  78. Nama :Gea dwisatya maulani
    Kelas: XI IPA 1

    Menurut saya itu merupakan salah satu cara berdakwah yang cukup efektif karena selain berdakwah juga langsung dipraktekan dengan cara sedekah seperti itu. sehingga orang juga menjadi termotivasi untuk bersedekah bukan hanya lewat omongan saja atau memberitahu lewat dakwahnya tapi juga dengan perilakunya

    BalasHapus
  79. Nama :Leli.Anggraeni
    Kelas :XI ipa 1

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Menurut saya,berdakwah dengan memberi 3 trik sukses seorang muslim tidak ada masalah dengan cara penyampaian seperti itu...v di sisi lain memberikan kartu nama dengan menyelipkan sejumlah uang dengan niat pamer itu adalah "Riya",,dan perwat'n riya d larang oleh agama..

    Wassalamualaikum Wr.wb

    BalasHapus
  80. Nama : Reztia Putri Indraneli
    Kelas : IX IPA 1

    Cara berdakwah seperti itu sangat bagus karena kita langsung mendapatkan pahala double. dan orang yang mendengarkan ceramahnya pasti akan mempercayai kita bahwa apa yang kita ceramahkan, kita juga lakukan! bukan hanya kata-kata semata

    BalasHapus
  81. NAMA : ADE SUMIATI
    KELAS : XI IPA 1

    Asalamualaikum.wr.wb

    Menurut saya filantropi itu sangat bagus,dengan memberikan 3 trik sukses kepada semua orang, pengusaha itu baik memberikan 3 trik sukses dengan menyelipkan uang k dalam amplop, jika semua orang pgen sukses ikutilah 3 trik sukes itu.

    Trimakasih
    Wasalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  82. Nama : Tiara Damayanti
    Kelas: XI IPA 1

    waah... dakwah seperti itu sangat memotivasi saya untuk lebih baik dari sekarang pak, walaupun saya belum sempurna untuk melaksanakan trik sukse tersebut, tetapi saya selalu berusaha untuk bersedekah dengan ikhlas, dan alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan bagi saya pak...

    BalasHapus
  83. Nama : Reztia Putri Indraneli
    Kelas : XI IPA 1

    Cara berdakwah seperti itu sangat bagus karena kita langsung mendapatkan pahala double. dan orang yang mendengarkan ceramahnya pasti akan mempercayai kita bahwa apa yang kita ceramahkan, kita juga lakukan! bukan hanya kata-kata semata.

    BalasHapus
  84. Nama :Yulia Santika
    Kelas:Xl IPA 1

    Assalamualaikum Wr.Wb
    menurut saya,FILANTROPI ISLAM DI INDONESIA yang paling menonjol adalah 3 trik sukses seorang muslim,dengan trik tersebut kta bisa menambah wawasan.Tapi untuk uang yg di selipkan,mudah-mudahan dengan hati yang ikhlas,dan bukan untuk pamer(riya).terimakasih pak.
    wassalamualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  85. assalamualaikum wr wb
    didin m
    XI IPA 1
    ceritanya bagus, mudah2an kita semua dapat menjadi seeorang muslim yg sejati. sehingga perilaku kita bisa lbh baik dr sebelumnya

    BalasHapus
  86. nama:rahmat hidayat
    kelas : XI IPA 1
    Assalamu'alaikum wr wb
    pak saya mau bertanya ?
    Apa hukumnya apabila saya sedang shalat tiba-tiba ada nyamuk di tangan . karena tidak tahan saya menepuk nyamuk itu hingga berdarah . apakah shalat saya syah dan boleh di lanjutkan , ataukah shalat saya harus dibatalkan karena ada darah yang menempel di tangan !!!!!

    BalasHapus
  87. Nama :Iis Rosita Dewi
    Kelas; XI IPA 1

    Assalamu'alaikum wr.wb
    saya setuju dengan pendapat itu,,
    soalnya dengan cara berdakwah seperti itu, pandangan mata orang pun akan tetuju pada orang yang nemberikan ceramah tersebut..

    BalasHapus
  88. rahmat hidayat
    XI IPA 1
    Assalamu'alaikum wr wb
    pak mau bertanya ?
    apa hukumnya sholat kita apabila ketika sholat tiba2 ada nyamuk menempel di tangan kita terus saya menepuknya hingga berdarah ? apakah sholat saya syah atau kah saya harus mengulangi kembali sholat saya karena ada darah yang menempel di anggota badan ?

    BalasHapus
  89. Assalamu'alaikum... Wr.Wb

    Miftah Alirosa
    XI IPA1

    Saya suka dengan cara dakwah beliau. Berdakwah sekaligus beramal.
    Mungkin ada yang mengatakan beliau pamer, tapi menurut saya tidak...! Karena beliau bukan memberikan uang itu secara langsung di depan banyak orang. Kalo ngasihnya langsung tuh + pengen dilihat org banyak, ithu mungkin bisa di namakan pamer. Tapikan ini sich beliau memberikannya dengan cara di selipkan di kartu nama,. dan mungkin dengan cara ini beliau beramal tanpa pamer Mungkin dengan cara ini jga beliau bisa mencontohkan bagaimana cara bersedekah yang baik.

    Trimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  90. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Meri Marwiyah
    XI IPA1

    Dalam berdakwah memang dibutuhkan cara untuk menarik minat masyarakat.Menurut saya,cara yang dicontohkan itu baik,karena selain untuk menarik minat juga dapat beramal.

    Terimakasih
    Wassalam

    BalasHapus
  91. Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Della Septyani
    XI IPA1

    Saya setuju dengan Tiga Trik cara berdakwah tersebut, tapi apakah ada trik-trik yang lain untuk bisa lebih menarik minat para pendengar dakwah, agar para peminat dakwah lebih banyak lagi ?

    BalasHapus
  92. assalamu'alaikum wr.wb
    ARI LESMANA
    XI IPA 2
    Tulisan di blognya sangat bagus dan membuat hati saya termotivasi untuk berbuat lebih baik lagi

    BalasHapus
  93. assalamualaikum wr.wb
    INDRIYANI
    XI IPA 1

    Tulisannya sangat bagus dan meyakinkan dan membuat saya termotivasi untuk berbuat dan bersikap lebih baik dari sebelumnya ..

    BalasHapus
  94. RATNA DILA
    XI IPS 3

    Assalamualaikum wr. wb
    Menurut saya pribadi tiga trik cara berdakwah di atas sangat menyentuh hati , dalam dakwah diatas kita dapat mengambil hikmah..
    kita pun dpat belajar dr cerita d atas..zaman ckg bnyak skali org" anak muda yg sepele atau mengabaikan sebuah dakwah .
    saya sadar setelah membaca semua dakwah d atas begitu berarti ya dan sngat brguna wat mempertebal iman kita...

    BalasHapus
  95. Nama :Riska Damayanti
    Kelas:XI IPS 2

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Setelah saya baca filantropi islam di atas, menurut saya hal yang sangat menarik pada saat di bagikan kartu nama yang di beri tulisan 3 trik sukses, dan menurut saya sangat setuju sekali. tetapi, saya kurang setuju pada di kartu nama yang di selipi uang karena menurut saya itu terlalu cukup sombong dalam kedermawanan nya..
    terimakasih..
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  96. Nama : Silpi Nurfitriyani
    Kelas : XI IPS-4
    Asslamu'alaikum wr.wb
    Saya pernah punya pengalaman ketika saya meninggalkan shalat hati saya tidak tenang, dan ketika setiap sesudah shalat saya merasakan kesejukan dalam diri saya.

    BalasHapus
  97. Indrya karunia utami
    XI IPS 2

    ASS..
    flantopi d atas sngt bgus. dan sya sngt mnyukai cra brdkwah org trsbut. 3 trik sukses itu mendorong sya untk mncoba mngikuti.a dn mnjadi orng lbih baik.
    insyaallh :D

    BalasHapus
  98. Nama : Ika Rostika
    Kelas : X1 IPS 4


    Assalamualaikum Wr.Wb
    Saya setuju dengan cara berdakwah seperti itu...sehingga bisa membantu perekonomian masyarakat yang membutuhkan ______lebih baik lagi kalau sering berdakwah seperti itu !!!!!!!!!

    BalasHapus
  99. Nama :Aam Amini
    Kelas: XI IPS-4

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    setelah membaca filantropi ini saya menjadi tahu tentang keistimewaan shalat berjamaah dan filantropi ini memotivasi saya untuk lebih sering melaksanakan shalat berjamaah.

    BalasHapus
  100. Nama : Nurlela
    Kelas: xI IPS-4
    Assalamu'alaikum wr.eb
    Pengalaman saya setelah membaca Filantropi, saya mengambil contoh nya dari shalat berjama'ah. setelah shalat,hati saya menjadi tenang,yang tadi nya emosi saya sedang melonjak, hati saya menjadi tenang.
    Wassalammu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  101. Nama :Ririn Khoerun Nisa
    Kelas:X1 IPS 4


    Assalamualaikum
    ternyata keren juga berdakwah seperti itu,,mungkin ini bisa jadi contoh teladan buat qita semua temen"..harus d ingat masih bnyak org" yg butuh bantuan qta semua...i like it !!!

    BalasHapus
  102. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  103. Nama :Elis siti.N
    Kelas:XI IPS 2

    Assalamualaikum Wr.Wb
    filantropi islam yg bp posting itu sangat inspiratif. & menurut saya saat membagikan kartu nama yg di selipi uang bukanlah suatu kesombongan. itu sih tergantung cara pandang kita saja. kalau kita berprasangka buruk kita akan menganggapnya sebagai suatu kesombongan/pamer! tapi jika kita berprasangka baik maka kita akan anggap itu adalah suatu kedermawanan seseorang.
    terimakasih..
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  104. Nama : Jatsiyah Annisa Nur
    Kelas : XI IPA 2

    Assalamu'alaikum wr.wb
    3 trik itu sangat mendorong saya untuk menjadi orang yang lebih baik dan saya bisa sholat berjamaah dengan tepat waktu
    terimakasih
    wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  105. Nama :Suci Nurpala
    Kelas:XI IPS-4
    Assalamualaikum wr.wb
    Setelah saya membaca filantropi ini. Saya menjadi tau akan pentingnya shalat tepet waktu. Dan memberi motifasi untuk bisa membagi waktu untuk shalat tepat waktu .
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  106. Nama : Ema Tanjila
    Kelas: XI IPA 1

    Assalamualaikum Wr.Wb
    tulisannya bagus & sangat menginspirasi pembaca.
    jg pada trik sukses yg bp postingkan itu cukup sederhana dan mudah untuk dipahami.
    terimakasih..
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  107. assalamu alaikum wr.wb
    NAMA :WULAN SARI
    KELAS:IX IPA 2
    setelah saya membaca filantropy ini,ternyata banyak hikmah yang bisa di ambil dari bacaan ini.

    BalasHapus
  108. assalamualaikum wr.wb

    NUNIK NURWANAH
    XI IPA-1

    setelah saya membaca filantrofi di atas . saya mendapatkan ilmu serta hikmah yang dapa saya ambil dan dijadikan sebagai pedoman hidup saya untuk kedepannya .
    terima kasih
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  109. Silpi Nurfitriyani
    XI IPS-4

    Assalamu;alaikum Wr.Wb
    Setelah saya membaca filantropi ini, saya merasakan sesuatu yang berbeda, memang banyak keistimewaan shalat berjama'ah.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  110. Nama : Galih Setiana
    Kelas : XI IPS 4

    Assalamu;alaikum Wr.Wb
    Menurut saya berdakwah sambil bersedekah bukan cara yang salah tapi menurut saya belum tentu jamaah yang mendengarkan dakwah tersebut dari kalangan yang patut untuk disedekahi. Terimakasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  111. Nama : Ade Deviana ULfa
    Kelas : XI IPS 2

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Setelah membaca filantrofi tersebut.
    Menurut pendapat saya, filantrofi itu sangat bagus sekali ceritanya,dan sangat patut sekali dijadikan contoh buat semuanya bisa belajar seperti beliau.
    Dan saya pun sangat mengagumi beliau, ketika beliau itu membagikn kartu namanya yang diselipi dengan uang. Karena yang beliau lakukan itu sangat jarang sekali di lakukan oleh orang lain.
    Sekian dari saya, maaf ya bapa kalau ada kata-kata yang salah.
    Terima kasih.........
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  112. nama:Retno prianto
    klas:XI IPA 4

    assalamu'alaikum wr.wb

    menurut saya dakwah yang barusan saya baca,berdakwah sambil bersedekah bukan cara yang salah tapi,saya kurang setuju dengan adanya sesuatu yang bersifat pamer(riya).

    wassalam

    BalasHapus
  113. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  114. nama:agas tiyo dimas prayoga
    klas:XI IPS 1

    assalamu'alaikum wr.wb

    Menurut saya berdakwah sambil bersedekah bukan cara yang salah,tetapi apakah dengan cara ini tidak pamer dan apkah di per boleh kan dalam islam?
    terima kasih.

    wassalam

    BalasHapus
  115. Nama : Tika Rahmawati
    Kelas: xI-ips4
    assalamu'alaikum Wr Wb
    filantropi yg sangat mengesankan...patut kitA turuti...yang paling menarik adalah 3 trik menjadi seorang muslim yang sukses...
    wa'alaikumsalam wr wb ...

    BalasHapus
  116. Nama : Wahyono
    kelas :XI IPA 4

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    Menurut saya boleh-boleh saja berdakwah sambil kita bersedekah, tapi dari sipat ria itulah yang tidak boleh. Karena banyak cara melakukan sedekah dengan cara yang halal. . . . . .

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  117. Nama : Eko Amri Hakim ASy'ari
    Kelas : XI IPS 2

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    sungguh orang yang dermawan dan baik budi pekertinya, dan mengajak kita berbuat baik..

    wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  118. Nama : Arif Nurosyidin
    Kelas : XI IPS 4

    Insya Allah jikalau saya kaya,, saya akan seperti ny,,

    BalasHapus
  119. Dyta Nurhidayati
    Kelas XI IPS 4
    Assalamualikum Wr. Wb
    Tulisannya bagus. Cara berdakwah yang unik. Ternyata berdakwah bisa dilakukan dengan banyak cara.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    BalasHapus
  120. Obi supraja
    XI IPS 4

    assalamu alaikum wr.wb

    saya suka caranya berdakwah & bersedekah dg kartu nama,karena org yg diberi akan selalu mengingat 2 &itu akan menambah pahalanya.

    Assalamu alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  121. Nama : Agung Permana
    Kelas : XI IPS 2

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    terimakasih atas tips menjadi orang sukses ,sudah saya coba tapi kurang maksimal menjalankannya butuh waktu untuk menjadi lebih baik

    wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  122. Nama: Dian Adriyanto
    Kelas: XI IPS 2

    assalamu'alaikumwr. wb.

    Menuju kesuksesan butuh perjuangan, dengan menjalankan 3 trik sukses tersebut.

    wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  123. Nama: Wina Hartati
    Kelas: XI IPS 2

    assalamu'alaikumwr. wb.
    terimakasih pa atas infonya. sangat bermanfaat!!.

    BalasHapus
  124. Nama: Diana Fitria
    Kelas: XI IPS 2

    assalamu'alaikumwr. wb.

    tips yang sangat insfiratif.
    makasih pa!.

    wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  125. Nama: Kiki
    Kelas: XI IPS 2

    assalamu'alaikumwr. wb.

    tips yang bagus pa, boleh di coba tuh!.

    wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  126. Nama: Nur ade liani
    Kelas: XI IPS 2

    assalamu'alaikumwr. wb.

    bagus pa tipsnya.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  127. Nama: Tria riani
    Kelas: XI IPS 2

    assalamu'alaikumwr. wb.

    tips yang bagus sekali.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  128. Nama: Diniatul Hasanah
    Kelas: XI IPS 2

    assalamu'alaikumwr. wb.

    alhamdulilah ya pa, sesuatu banget. makasih pa info yg sangat inspiratif.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  129. Nama: Dewi Siti Hardiyanti
    Kelas: XI IPS 2

    assalamu'alaikumwr. wb.

    Infonya menarik dan bermanfaat.
    makasih.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  130. Nama: Indan Nurafifah
    Kelas: XI IPS 2

    assalamu'alaikumwr. wb.

    info bagus.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  131. Nama: Neng Desi Damayanti
    Kelas: XI IPS 2

    assalamu'alaikumwr. wb.

    i like it!!

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  132. Nama: Fithriyyah
    Kelas: XI IPS 2

    assalamu'alaikumwr. wb.

    semoga kita bisa melaksanakan 3 trik tersebut ya pa.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  133. Nama: Leni Marniati
    Kelas: XI IPS 2

    assalamu'alaikumwr. wb.

    info bagus, ditunggu tips2 barunya pa!.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  134. Nama: Rani Septiani
    Kelas: XI IPS 2

    assalamu'alaikumwr. wb.

    love this tips!.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  135. Nama: Cindy Fitria.f
    Kelas: XI IPS 2

    assalamu'alaikumwr. wb

    terimakashi pa infonya, bagus sekali!.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  136. Nama : Fitri Trianamie
    kelas : XI Ips2 assalamu'alaikum wr.wb
    dengan adanya filantropi ini saya dapat mengetahui 3 trik sukses seorang muslim serta lainnya..,,
    trimakasih,,
    wasalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  137. NAMA : MIRA AMALIA
    KELAS : X1 IPS-2
    Assalamualaikum ...
    saya setuju dengan filantropi tersebut yakni berdakwah dengan membagikan kartu nama dan 3 trik sukses berdakwah...
    terimakasih...
    wasalamualaikum ...

    BalasHapus
  138. Nama : Mumu munati
    Kelas: XI IPA 3

    Asslamualaikum wr.wb

    untuk shalat berjamaah tepat pada waktunya mungkin bagi sebagian orang termasuk saya sangat sulit untuk di lakukan,saya berharap setelah saya membaca dan mengerti apa maksud dari wacana di atas saya dapat melakukunnya........amin
    makasih ya pak

    BalasHapus
  139. Nama : Ani Widiani
    Kelas : x1 ips 3
    assalamualaikum...
    saya menyukai tiga trik yang ada di filantropi islam indonesia tersebut, akan tetapi saya tidak setuju dengan cara menyelipkan uang tersebut karna hal itu merupakan riya..

    wasalamualaikum...

    BalasHapus
  140. Nama:Euis Mayasari
    Kelas:XI IPA 2
    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Menurut saya trik untuk sukses sangat bagus dan kita sebagai peljar bisa mempelajari trik sukses tersebut,semoga kita menjadi orang yang sukses,,!!
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  141. nama:liya marliyana
    kelas:XI IPS 1
    assalamualaikum wr.wb
    menurut saya cara itu sangat sederhana tetapi hikmahnya sangat dalam dan juga itu bisa jadi sebagai pembelajaran bagi kita bahwa menjadi sukses itu sangat mudah asalkan kita mau berusaha..
    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  142. nama : frida rosidatul muawanah
    kelas : XI IPA 1

    unik,, selain sedekah, mengajarkan yang baik dan berbagi ilmu,., i like this (dakwah)

    BalasHapus
  143. Nama:Sri rahayati
    Kelas:XI IPA 3
    assalamualaikum....
    saya sangat setuju dengan filantropi tersebut,,,aplagi ke tiga trik sukses tersebut...
    namun salah satu dari ketiga trik tersebut terutama trik yang shalat berjamaah tepat waktu bagi saya mungkin agak sedikit susah di aplikasikan pa.....dan ada satu yang ingin saya tanyakan,,dalam shalat berjamaah apabila imam melakukan kesalahan dan kita sbg ma'mum tidak menyadarinya,,maka nilai pahala nya gimana pa??
    mohon jawabanya....

    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  144. Nama: Annika haryati
    kelas: XI IPS 3

    assalamualaikum...
    trik kedua dari bacaan di atas adalah tentang sholat berjamaah tepat waktu menurut saya masih ada sebagian umat muslim yg jarang melakukanya karena kesibukan masing-masing padahal sholat berjamaah lebih penting tapi masih ada orng yg mengabaikanya. maka dari itu saya sarankan agar kita melakukuan sholat berjamaah tepat waktu karena dari itu kita dat melatih diri untuk berdisiplin

    BalasHapus
  145. nama:Gilang a.p
    kelas:XI IPS 1
    ASS.........
    Bagus pak!! bisa memberi info dan pengetahuan buat saya......

    BalasHapus
  146. Hikmah Yuliani
    X1 ipa 3
    assalamualaikum wr. wb
    I LIKE IT, ceritanya sangat tauladan banget....

    BalasHapus
  147. Melly agistiani
    XI IPA-4
    Assalamualaikum wr.wb
    setelah saya baca ceritanya menarik,menjadi insfirasi buat sayah.insya allah sayah akan melaksanakan shalt tepat waktu..
    terinakasih bapak
    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  148. suhari
    XI ips-3
    assalamualaikum Wr.Wb

    Setelah saya shalat jamaah perasaan terasa tenang dan kalu sudah mempunyai pekerjaan tidak akan mengganggu waktu bekerja kita.

    BalasHapus
  149. Andrie Ridwan
    XI ips-3

    setelah saya shalat berjamaah hati saya terasa senang karna masih bisa mengerjakan rukun islam yang ke -2

    BalasHapus
  150. nama:nurhasanah
    kelas:x1 ips3
    asalamualaikum.wr.wb
    setelah aku baca cerita y ternyata menarik dan bagus buat di terap kan di masyarakat buat solt tept waktu.
    wasalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  151. Oji Fahruroji
    kls: lX IPS-3

    Dilihat dari cerita diatas itu membuktikan bahwa kita hidup di dunia tidak selamanya dan kita pasti akan merasakan alam kubur,kita jangan sombong akan semua apa-apa yang kita punya , karena sesungguhnya apa yang kita punya itu pemberian dari Allah swt..
    Terima Kasih

    BalasHapus
  152. panji imam RFAK
    XI IPS-3

    Alhamdulillah yah ...
    setelah saya shslat berjamaah saya merasa senang dan tenang semoga kebiasaan shalat berjamaah bisa terlaksna setiap waktu

    BalasHapus
  153. jangan lah kau meninggal kan solat 5 waktu.dan banyak lah kamu bersedekah ke orang yang tidak mampu,,,,,,,,,

    nama ; mulyana
    kelas :xI ips 3

    BalasHapus
  154. Gina Fitryani
    XI IPS 3

    Assalamualaikum.Wr.Wb.
    menurut saya berdakwahnya bagus dan penuh penghayatan sehingga orang yg telah mendengarkan merasa tenang tetapi saya tidak setuju dengan adanya sifat riya..
    Wassalamualikum.Wr.Wb

    BalasHapus
  155. nama:siti juminah
    kelas:XI IPS3
    Asalamu'alaikum wr.wb
    setelah saya membaca filantropi ini skarang insaallah saya selalu disiplin/tepat waktu dalam melaksanakan shalat..... dan karna hal itu membuat hati saya menjadi tenang....

    wasalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  156. banyak lah bersedekah kepada orang yang tidak mampu,,,

    nama:Fenny afriyany
    Kelas:xI ips 3

    BalasHapus
  157. Elis YuLinar
    XI IPS 3

    Assalamualikum.Wr.Wb
    berdakwahnya bagus tetapi saya kurang setuju dengan adanya sifat pamer/riya..
    Wassalamualikum.Wr.Wb

    BalasHapus
  158. Tanto AR
    KLS: XI IPS 3


    hati trasa nyaman saat mengerjakn solat dan smoga bisa trlaksana setiap hari amin .........

    BalasHapus
  159. saya suka dengan filantropi bpk pokok nya sip deh,,,menarik dan patut kita ketahui dan kita pahami,dan mengingatkan kembali bahwa semua harta kita miliki adalah milik allah SWT

    Nama:Ritmah Ratih
    Kelas:XI ips 3

    BalasHapus
  160. Nama :asep irawan
    kelas:XI IPS 3

    assalamualikum Wr.Wb.........
    setelah saya shalat hati merasa tentram dan damai...

    BalasHapus
  161. Nama : Nelis pujawati
    Kelas : XI APS 1

    bgus banget pa artikelnya .
    insya allah akan mencoba berubah jadi orang yang lebih baik lagi , jadi pengen berbuat baik terus ..
    hehee .. insya allah nelis bakal mencoba mengikuti saran yg ada di artikel ini ..
    allah huakbar ...

    BalasHapus
  162. Gugun gunawan
    XI IPA3

    assalamualaikum.wr.wb
    menurut saya cara menyampaikan isi dakwah trsb sangatlah baik.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  163. Vety vernawaty
    XI IPA3

    assalamualaikum.wr.wb
    saya sangat suka cara menyampaikan dakwah tsb sangatlah inovatif.
    wassalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  164. Nama : Pritha Nilamsari
    Kelas : XI IPS 1

    Assalamu'allaikum.wr.wb

    menurut saya bagus & sangat berguna artikel ini jadi membuat kita jadi termotivasi untuk berbuat baik lagi , amin :)

    wassalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  165. Nama : Heny Gerhaeni
    Kelas: XI-IPA 2

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Setelah membaca artikel ini, hati saya merasa tersentuh dengan penyampaian dakwah seperti itu. tapi apakah itu tidak termasuk sifat riya?
    Pak, saya mau bertanya, bagaimana menghilangkan rasa malas ketika hendak shalat berjama'ah?

    Maaf bila komentar saya kurang enak di hati...

    BalasHapus
  166. Nama: Nicky A.F.R
    Kelas:XI IPS3

    Assalamualaikum.wr.wb

    setelah saia ikut mwmbaca nya saia mengetahui bagaimana tips untuk bisa sukses.


    wassalam..

    BalasHapus
  167. Nama:GUGUN GUNAWAN
    KLS:XI IPS 1


    Assalamualaikum.wr.wb


    subhanallah BEGITU INDAHNYA ISLAM....
    saya setuju dengan beliau yang menyampaikan dakwah itu. . .,membuat saya termotipasi dengan yang di katakan beliau tentang trik sukses seorang muslim...
    menurut saya tidalah jadi masalah walaupun orang akan menganggap dengan menyelipkan kartunama dengan menyelipkan sejumlah uang dan kartunama itu akan membuat orang merasa beranggapan bahwa orang itu memamerkan hartanya tapi menurutsaya tidak lah jadi masalah karena tujuan filantropi itu adalah meng ikhlaskan sebagian harta dan tenaga maupun pikiran buat orang yg membutuhkan

    wassalamualaikum wr.wb

    terimakasi

    BalasHapus
  168. NAMA:AYU RAHAYU
    KELAS: XI IPS

    Assalamu'alikum Wr.Wb


    saya suka dengan cara dakwah tersebut, terutama dgn 3 trik sukses dari dakwah tersebut..!!

    BalasHapus
  169. nama : rita kartika
    kelas : XI IPS 1

    Assalamu'alaikum wr.wb
    subhanaallah maha besar allah menciptakan berbagai makhuluk....
    setelah saya membaca dakwah tersebut hati saya tergugah ingin seperti beliau begitu tulus bersedekah dan begitu mulianya sifat,,oleh sebab itu saya setuju atas cara dahwah beliau...
    mungkin untuk 3 trik tersebut agak susah untuk di laksanakanya..

    BalasHapus
  170. Nama:Dena Amalia
    Kelas:XI IPA 3

    setelah saya membaca filantropi yang bapak tuliskan.. hati saya tergugah untuk bersedekah kepada orang yang lebih membutuhkan meskipun hanya sedikit yang bisa saya sedekahkan kepada mereka...

    BalasHapus
  171. RISMA SRI NURANI XI IPS 1
    assalamu'alaikum ......
    dalam 3 trik sukses itu saya ingin mncoba melaksanakannya, insya allah dgn mmbca wacana bpak ini saya memulai dgn niat yg ikhlas, mksiih bpk..
    wassalamu'alaikum...

    BalasHapus
  172. Nia Kurnia Octapia XI IPA 39 Oktober 2011 pukul 15.28

    Assalamualaikum....
    .setelah saya membaca Filantropi ini saya sangat menyukaii 3 trik sukses.. semoga saya bisa melakukan 3 trik tersebut...amin

    BalasHapus
  173. presti amelia Xl IPA 39 Oktober 2011 pukul 15.32

    Assalamu'alaikum wr.wb
    menurut saya berdakwah dengan menggunakan kartu nama itu sangat unikk,.
    apalagii ada 3 trik sukses,.

    BalasHapus
  174. Nama : Puput Endang Puspita S
    kelas : XI IPA 3

    Islam mengajarkan kepada kita untuk selalu bersedekah baik dalam keadaan sempit maupun keadaan lapang, bersedekah dengan menggunakan kartu nama yang diselipi uang tersebut menurut saya saya sangat menarik. selain itu juga tips-tips sukses yang telah diberikan oleh pengusaha tersebut perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan semoga saja jika kita menerapkan tips-tips sukses tersebut dapat meraih sukses seperti beliau, amin.

    BalasHapus
  175. Nama : Octaviani Surya Budhi A
    Kelas : XI IPA 3

    subhanallah, 3 trik sukses akan saya jadikan motivasi diri dan berusaha untuk terus bersedekah selagi mampu walaupun tak seberapa jumlahnya yang penting niat dan ikhlas..

    BalasHapus
  176. Nama :viani fretikasari
    kelas: XI ipa 3

    Assalamu'alaikum wr.Wb

    Dengan cara berdakwah yang sangat unik dan tiga trik sukses seorang muslim menjadikan motivasi saya untuk lebih baik lagi. dan semoga tiga trik tersebut bisa saya laksanakan. Amin.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  177. NAMA : DEBARA MAHARYAHRIN
    KELAS: XI IPA 1

    Assalamualaikum wr.wb

    setelah membaca artikel ini, saya merasa termotivasi untuk banyak bersedah dan berlomba dalam hal kebaikan.

    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  178. NAMA : SRI RAHAYU B
    KELAS : XI IPA 4

    Assalamu'alaikum

    Setelah saya membaca wacana di atas, saya merasa termotivasi untuk menjadi yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  179. Nama : Ida Syahrani
    Kelas : XI IPA2
    Assalamulaikum wr, wb,
    Kadang seseorang lebih mengutamakan pekerjaannya, ketika waktu Shalat tiba, sebab mereka beralasan waktu Shalat masih panjang. Mereka menganggap enteng, tetapi ketika waktu Shalat telah berakhir mereka menyesal karena Shalatnya terlewat, begitu seterusnya.

    BalasHapus
  180. Nama : Dwi Florena
    Kelas : XI IPA4
    Assalamulaikum wr, wb,
    Setelah saya membaca wacana diatas, saya sadar bahwa diri saya belum bisa mengerjakan shalat 5 waktu dengan tepat, bahkan terkadang saya hanya mengerjakan beberapa waktu saja, dikarenakan saya lebih mementingkan pekerjaan dunia dibandingkan akhirat, kesimpulan yang didapat setelah saya membaca wacana diatas adalah : "kejarlah dunia seolah2 kita hidup seribu tahun lagi, kejarlah akhirat seolah2 kita mati besok".

    BalasHapus
  181. nama : SAFITRI KURNIA DEWI
    Kelas : XI IPS 4

    Assalamu'alaikum wr.wb

    ketiga tips sukses tersebut memotivasi saya untuk menjadi sukses. salah satunya yang bisa saya lakukan adalah sholat berjama'ah tepat waktu
    tapi saya juga tidak memungkiri bahwa sholat saya belum sepenuhnya sempurna.
    tetapi saya berusaha menjadi lebih baik.


    wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  182. nama : Leni Ryanawati
    kelas : XII IPS 4

    Assalamualaikum wr.wb.

    setelah saya membaca wacana tsb , saya termotivasi untuk menjadi yang lebih baik lagi salah satunya dengan salat berjamaah tepat waktu , pada awalnya saya suka menunda-nunda untuk solat tetapi berkat wacana tsb saya berusaha menjadi yang lebih baik lagi...

    wasalam ....

    BalasHapus
  183. Nama :Sri rahayu (A)
    kelas:xl ipa 4
    No absen:36
    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    setelah saya membaca wacana tdi,sya tergerak untuk lebih sering shalat berjamaah di rumah maupun di sekolah dan menyisakan uang jajan sya untuk bersedekah kpda orang yg tdak mampu...
    wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  184. nama; winda nita saputri
    kelas; XI IPA

    4 assalamualaikum wr.wb

    setelah saya membaca kisah di atas,saya menyadari kadang saya shalat tidak tepat waktu,kadang melebihi waktu batas, untuk itu saya akan berusaha untuk tidak telat shalat 5 waktu.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  185. nama ; asep ryan
    kelas; xI-ipa 4

    assalamualaikum....
    setelah membaca kisah kisah tersebut saya pribadi merasa tersentuh walaupun membaca sekilas cukup membuat saya terharu



    wassalam

    BalasHapus
  186. nama : agus mauludin kelas : XI IPS 4 "Insya Allah, saya hanya bisa melaksanakan solat fardu dan brjama'ah tepat waktu,,"

    BalasHapus
  187. Nama:Dewi Nurhasanah
    Kelas:XI IPA 2
    Assalamu'alaikum.wr.wb

    Menurut pendapat saya cara beliau berdakwah memang cukup unik,akan tetapi saya kurang begitu setuju dengan cara penyampaiannya mengenai pembagian kartu nama yang di selipi uang itu,karena apakah berdakwah dengan cara seperti itu tidak termasuk ria ?
    Memang isi dakwah yang di sampaikan beliau mengenai trik sukses seorang muslim itu saya sangat setuju,karena semuanya penting untuk kedepannya dan bahkan trik tersebut bukan hanya akan meraih kesuksesan di dunia saja, akan tetapi di akhirat juga.
    Terimakasih pak...
    Wassalamu'alaikum.wr.wb

    BalasHapus
  188. OBI SUPRAJA
    XI IPS 4

    assalamu alaikum wr.wb
    sungguh mulia hatiyna selain ia memberikan sedekah ,dia juga memberitahukan kpd kita bgmana cara menjadi orang sukses.saya yakin suatu saat kita bisa seperti dia... amin
    wassalamu alaikum wr.wb

    BalasHapus
  189. NAMA : NUROCHMAN
    KELAS: XI IPS 4

    assalamualaikum wr.wb

    setelah membaca kisah kisah tersebut saya pribadi merasa tersentuh walaupun membaca sekilas cukup membuat saya terharu

    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  190. Deni Ramdhani
    XI IPA 2

    3 kunci tersebut,inshaallah akan saya coba , semoga anda mendapatkan pahala yg tidak pernah putus , karena telah memberikan saya & murid bapak mengenai hal tersebut . menggunakan hal yg baik akan berguna hal baik juga , berbagi kasih sayang tercipta suatu tali yg insha allah akan berguna dihidupmu kelak yaitu akhirat .

    BalasHapus
  191. Nama :Inda P.I.P
    kelas :IX IPS4

    dakwah yang unik,, berbeda dari yg lain..
    I Like it..!!

    BalasHapus
  192. Nama :Eva S.M
    Kelas :XI IPS 4

    subahanallah...
    kisah nya sangat menyentuh...

    BalasHapus
  193. Aldi Syaefudin A
    XI IPS4

    Dakwahnya bagus....
    dia mengajarkan kita menjadi orang yang sukses .ini patut di tiru, salah satunya shalat berjama'ah tepat waktu....insya allah bisa di jalankan semuanya...amiin

    BalasHapus
  194. leni marlina
    xl ips 4
    menurut saia dia berdakhwah dengan cara itu sangat lah unik dan tidak biasa di lakukan oleh orang-orang yg biasa berdakwah
    dia juga mengajar kan 3 trik untuk menjadi orang sukses ....

    BalasHapus
  195. Nama : Euis jimassari
    kelas : XI IPA3

    saya sangat setuju pa'. terutama sedekah. ada pepatah jangan takut miskin untuk bersedekah.
    betul ga tuuhh ???
    makasiihh pa'..

    BalasHapus
  196. Nama ; Dea Elma Pavitta
    Kelas; X1_IPA'2

    Assalamualaikum.
    Terimakasih pak atas informasi yang sangat menarik inih,mungkin saya akan memcoba nya...
    3 trik yg sangat jitu untuk sukses.i like it.

    Wassalamualaikum..

    BalasHapus
  197. NUNI NOVIA
    XI IPA 2

    assalamualaikum wr.wb
    setelah saya membaca filantropi ini ternyata banyak hikmah yang dapat di ambil

    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  198. IRMA YAYAN YUSIYANA
    XI IPA2

    assalamu alaikum wr.wb
    3 trik di atas bisa saya jadikan pedoman hidup untuk kedepannya
    terimkasih

    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  199. DIAN PERTIWI
    XI IPA 3
    ass...
    terima kasih bapak saya telah mendapatkan pelajaran baru setelah saya membaca filantrofi tersebut...
    wss...

    BalasHapus
  200. nama:Desi Indriana
    kelas: Xl ips 1
    cara berdakwah seperti itu memang jarang sekali dilakukan dan juga terkesan unik.. tapi menurut saya cara seperti itu kurang baik karena bisa dikatakan itu perbuatan riya, karena dia bersedekah sekaligus memberikan kartu nama.. itu terkesan seperti orang yang bersedekah itu ingin diketahui orang lain..

    BalasHapus