Jumat, 31 Agustus 2012

PUASA MELATIH KEJUJURAN


PUASA MELATIH KEJUJURAN
OLEH TOTO WARSITO,MAg

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.”(QS.Al-Ahzab:70-71)
Ya, itulah gambaran yang disampaikan Al-Qur’an tentang kejujuran. Setidaknya ayat di atas mengandung tiga term yaitu beriman, bertakwa, dan berkata benar atau jujur. Terkait dengan ayat di atas at-Thabari menafsirkan bahwa orang yang beriman seharusnya bertakwa kepada Allah Swt dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Selain itu, orang yang beriman harus berkata benar atau jujur sebagai bentuk implementasi dari ketakwaan yang dimiliki. Ayat ini juga menegaskan bahwa Allah Swt telah memberikan jaminan bagi mereka yang jujur.
Namun, untuk menggapai kejujuran bukanlah hal yang mudah. Kejujuran bukanlah barang instan yang sekali tepuk jadi atau barang yang bisa dicetak dalam dua atau tiga hari. Kejujuran harus selalu ditanamkan sejak dini, dilatih, dipelihara dan selalu diasah serta dibersihkan dari unsur-unsur yang berusaha merenggutnya dari kehidupan kita.
Puasa yang sedang kita lakukan, merupakan salah satu ibadah yang melatih kita kejujuran. Betapa tidak, dengan berpuasa kita dilatih berlaku jujur, paling tidak jujur kepada diri sendiri. Ketika sedang berpuasa di siang hari, meskipun di rumah tidak ada siapa-siapa kita tidak berani berbuka, meskipun orang lain tidak ada yang melihat. Selain itu ketika sedang berpuasa kita tidak berani berbohong karena dapat menghapus pahala puasa.
Dalam salah satu hadits shahih, Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, innamas shaumu junnatun,”sesungguhnya puasa itu merupakan penangkal”. Sesuatu yang mempunyai fungsi menangkal dari berbagai ancaman, gempuran, desakan hawa nafsu, atau motif-motif negatif. Orang yang rajin berpuasa biasanya mempunyai ketangguhan jiwa yang lebih bagus daripada orang yang tidak biasa berpuasa. Sebagai sebuah penangkal, tentunya efektifitasnya bergantung kepada kualitas puasa yang dilakukan. Menurut ukuran standar, Allah Swt memerintahkan puasa selama satu bulan dalam satu tahun. Idealnya, puasa satu bulan ini harus dijadikan alat penangkal yang akan mampu menahan segala gangguan dan desakan hawa nafsu, serangan syetan untuk kurun waktu satu tahun. Jika ada orang berpuasa satu bulan di bulan ramadhan tetapi tidak mampu menangkal gangguan hawa nafsu selama bulan-bulan berikutnya maka puasanya boleh dikatakan tidak memiliki makna atau tidak manjur.
Mengapa kita harus jujur, kalau memang jujur atau berkata benar adalah salah satu karakter yang baik, sejauh manakah sebenarnya urgensi dan relevansinya dalam kehidupan manusia, baik sebagai individu atau sebagai bagian dari keluarga dan masyarakat. Adakah dampak positif dan negatif ketika seseorang melakukan tindak kecurangan atau kebohongan.
Orang jujur akan diberi kekuatan untuk selalu mengintropeksi dan memperbaiki setiap tindakannya sehingga tindakan yang akan dilakukan akan selalu menemukan titik kesuksesan. Kalaupun ia menemukan kegagalan, maka ia tidak akan merasa putus harapan bahkan kegagalan itu akan dijadikan pengalaman yang paling baik sebagai guru yang selalu memberikan tuntunan. Dengan demikian, ucapan dan tindak tanduknya akan selalu dalam jalur kebenaran dan keberhasilan serta dalam tuntunan-Nya. Perilaku jujur akan membawa kepada pengampunan Allah Swt. Orang yang jujur mendapatkan jaminan dari Allah Swt dengan maghfirah-Nya.
Rasulullah Saw mewanti-wanti untuk menegakkan kejujuran sebagai falsafah hidup yang harus tetap dipertahankan dalam kondisi bagaimanapun. Tidak tanggung-tanggung Rasulullah Saw menggadaikan surga sebagai hadiah bagi mereka yang hidup di bawah payung kejujuran. Orang yang jujur akan menemukan kehidupan yang tenang , tenteram dan sentosa. Orang yang kehidupannya lurus, tidak akan pernah takut dan was-was menghadapi hidup, sebab pada hakikatnya hidup adalah timbal balik. Artinya siapa yang menanam maka ia yang akan memetik hasilnya. Jika yang ditanam adalah benih yang baik, maka yang akan tumbuh adalah baik pula. Inilah kemudian yang disinggung oleh Nabi Muhammad Saw,”Tinggalkan hidup dalam keraguan dan segeralah menuju pada ketenangan. Ingat ! Bahwa ketenangan itu ada pada kejujuran. Sebaliknya, kegelisahan adalah buah dari kebohongan.”
Mari kita berintrospeksi di bulan suci ini, masih adakah kejujuran di antara kita. Masih adakah kejujuran di negeri ini. Rupanya kejujuran di negeri ini sudah demikian langka dan sukar diimplementasikan, sehingga tindakan korupsi makin menjadi-jadi, sudah mengakar dalam setiap sendi kehidupan bangsa ini.
Untuk kesekian kalinya, kita rakyat Indonesia dipaksa untuk menyaksikan dagelan kelabu dan menyakitkan yang dimainkan oleh para pejabat yang justeru seharusnya menjadi teladan bahkan menjadi pengawal penegakkan hukum di negeri ini. Minggu ini kita dikejutkan dengan terungkapnya kasus korupsi di institusi kepolisian yang melibatkan beberapa orang jenderal. Sungguh ini merupakan bukti yang semakin memantapkan dan mengokohkan bahwa kejujuran di Indonesia adalah makhluk langit dan enggan hidup di bumi pertiwi. Kejujuran di alam Indonesia menjadi sesuatu yang sangat langka dan mahal.
Kemakmuran suatu bangsa tidak akan terwujud bila tidak ditopang oleh individu-individu yang jujur. Semua elemen bangsa ini haruslah bersama-sama membudayakan hidup jujur, baik jujur pada diri sendiri, orang lain, bangsa dan negara. Mereka yang mengamalkan kejujuran adalah mereka yang meyakini dan sadar bahwa kehadirannya adalah rahmat untuk dirinya, sesamanya dan lingkungan sekitarnya bahkan untuk alam semesta. Jika sudah sedikian, maka baldatun thayyibatun warabbun ghafur akan terwujud. Semoga. Wallahu a’lam.

Penulis
Guru SMAN 1 Rajagaluh/Dosen STAI PUI Majalengka
Ketua Pengurus Cabang PUI Kec.Sindangwangi Majalengka

100 komentar:

  1. Nama: Aditya Fajar
    Kelas : XI IPA 1

    menurut saya puasa adalah ibadah yg rahasia artinya hanya kita dan Allah swt yang tau,sehingga di dalam menjalankanya di perlukan kejujuran dan kesabaran.
    bisa saja kita makan dan minum saat orang lain tidak melihat tapi di sinilah kejujuran kita di uji,kalau kita bisa membiasakan jujur dalam berpuasa atau dalam berbagai hal lain alhasil kita akan menjadi orang yang jujur.
    seperti yang tertulis di atas perilaku yg jujur akan membawa kepada pengampunan Allah swt...

    BalasHapus
  2. Nama : Leni Lismawati
    Kelas : XI Newton ( XI IPA 1 )

    Menurut Saya bulan Ramadhan adalah bulan yang menunjukan pada manusia untuk seimbang dalam hidup. Di bulan Ramadhan melatih kita untuk disiplin waktu. Seharusnya pada bulan Ramadhan, kita harus lebih bersemangat untuk menambah amal-amal ibadah. Artinya kita harus bisa menahan diri untuk tidak lalai dalam beribadah kepada-Nya. Orang yang lalai mengingat Allah selalu asyik dengan pekerjaannya. Sehingga waktu istirahat, makan dan sholat sering terabaikan. Atau waktu yang seharusnya di pakai untuk beribadah kepada Allah, di pakai untuk bekerja.
    Itulah yang sering di lakukan oleh manusia.
    Agar kita terbiasa untuk berkata jujur, maka kita harus memulaiya dari hal-hal yang kecil dan selalu beribadah kepada-Nya. Supaya kita Selalu berada dalam lindungan-Nya.

    BalasHapus
  3. NAMA : BRILIAN OKA ATTAHIRI
    KELAS : XI IPA 3

    PAK NUMPANG PROMOSI

    www.bezzet-forever.blogspot.com


    BalasHapus
  4. nama : andy setiawan
    kelas : XI IPA 3

    apa mungkin para pejabat yang korupsi harus di anjurkan berpuasa agar mereka bisa jujur kpd masyarakat..

    www.irvanmidris.blogspot.com
    >,<

    BalasHapus
  5. NAMA: II SAMSUL
    KELAS: XI IPA 1

    menurut saya bulan puasa adalah bulan dimana kmita dilatih kmesabaran,kmejmujmuran,dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. kita harus memakmnai bulan yang penuh berkah tersebut dengan hal-hal yang mendatangkan banyak pahala.amiin

    BalasHapus
  6. Nama : Wulan Pertiwi
    Kelas : XI Newton( Ipa 1 )

    Menurut Saya berkata jujur benar-benar mahal, sehingga manusiapun tidak ada yang 100% berkata jujur dalam setiap perkataannya.Umat Islam di wajibkan untuk jujur sebagaimana telah di contohkan oleh Nabi dalamperkataannya setiap hari. Dalam puasa Ramadhan satu bulan penuh tetap sja kejujuran hanya berada dalam hati kita. Kita bisa saja berbohong pada orang lain, tapi kita tidak bisa berbohong kepada diri kita sendiri. kejujuran seharusnya ditanamkan darimulai kesalahan yang kecil. Sehingga kita akan terbiasa mengakui kesalahanyang besar dengan jujur.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama : Mutiara Putri
    Kelas: XI Newton (IPA 1)

    Menurut saya jujur itu adalah 'hal yang mudah untuk dikatakan dan sulit untuk dilakukan.' Begitupun dalam berpuasa kejujuran sangat penting, karena memang seperti yang dituliskan diatas saat berpuasa kita dilatih untuk jujur kepada diri kita sendiri. Selain itu orang yang tidak jujur akan merugikan bangsa dan negara karena orang yang tidak jujur merupakan cikal bakal dari koruptor. Maka selayaknya dari sekarang kita harus memulai bersikap jujur kepada diri kita sendiri juga kepada orang lain dari hal yang paling kecil .

    BalasHapus
  9. Nama : Mutiari Putri
    Kelas: XI Hubble(IPA2)

    Menurut saya jujur adalah berkata terus terang dan tidak berbohong. Jujur juga adalah hal yang susah-susah gampang, dan saya pribadipun masih belajar untuk dapat berprilaku jujur sepenuhnya, pada bulan ramadhan saat berpuasa adalah waktu yang tepat untuk melatih prilaku jujur terutama jujur kepada diri sendiri. Jujur adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan ini. Maka dari itu, mari belajar bersama-sama untuk dapat berprilaku jujur dari mulai sekarang. ;)

    BalasHapus
  10. Nama : Retno Siti Sundari
    Kelas : XI IPA 1

    Menurut saya jujur adalah kunci terpenting dalam melakukan suatu hal,sebab apabila kita jujur orang pun akan mempercayai kita.

    BalasHapus
  11. Nama : Lusy Lupita damayanti
    Kelas: XI IPA 1 (NEWTON)

    menurut saya kejujuran adalah bentuk sebuah keimanan, karena orang mukmin pasti berkata jujur, jikalau tidak jujur, maka ia dapat dikatakan sebagai orang yang munafik, dimana munafik itu bemuka dua, dimana diluar berkata iya sedangkan di dalam berkata tidak.

    BalasHapus
  12. Nama : Nurlita aulia
    Kelas : 12 ipa-1

    sungguh banyak sekali hikmah yang diperoleh dari puasa itu,, tapi sayangnya perintah wajib dari Allah ini masih saja diabaikan oleh manusia itu sendiri, yang tentunya umat islam.. sungguh sangat di sayangkan karena puasa itu sendiri banyak hikmah dan hal positifnya.
    apalagi puasa itu bisa melatih kita untuk lebih jujur,, pasti akan lebih indah jika kejujuran di junjung tinggi di negeri ini ya pak..
    pasti yg semodel gayus tambunan tidak akan korup tentunya, itu mungkin mereka tidak dapat mengambil hikmah dari puasanya selama ini,, hehe
    for everybody,, let's doing everything with honesty !

    BalasHapus
  13. Nama : Dea Elma Pavitta
    Kelas : XII IPA 1

    bener pak, puasa juga mengingat nikmat Allah dalam realitas kehidupan sama halnya sholat mengingat Allah. Lebih jelasnya Puasa adalah melatih kesadaran. Kesadaran bahwa ada yang mengamati, yaitu Allah. Kalau sholat dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, maka puasa dimulai dengan niat saat fajar dan diakhiri dengan berbuka. Maka selama berpuasa, yang dilatih adalah kesadaran dari jiwa kita. Sadar untuk mengikuti petunjuknya dan menjauhi larangannya. Puasa melatih kedisiplinan dan kesadaran. Waktu berpuasa harus benar-benar tepat dihitung, tidak boleh kurang, dan harus serius serta sungguh-sungguh.
    Maka benarlah kalau puasa adalah ajang pelatihan, ajang penggodogan diri dari kesadaran sendiri. Mengapa kita mau melakukan ini, anda bisa makan secara sembunyi-sembunyi dan memastikan tidak ada yang tahu. Namun ada kesadaran bahwa ada yang tahu yaitu anda sendiri tahu. Artinya ada kesadaran yang tahu, bahwa anda puasa atau tidak. Kesadaran ini memberi tahu bahwa ada sesuatu yang mengamati dan tahu apa yang sedang kita lakukan. Artinya walaupun kita tidak melihat, namun kita sadar bahwa kita tidak boleh makan karena Allah tahu kita sedang makan.

    BalasHapus
  14. Nama : Lestariyani
    Kelas : Xll IPA 1

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Saya,setuju pak . . Dengan berpuasa,kita akan dilatih untuk bersikap jujur,seperti dalam berbicara,ataupun bersikap. Karena dalam Islam, bohong/ kebalikan dari jujur itu Dosa hukuman,nya. .dan seharusnya bukan ketika Puasa saja ,kapanpun itu. .jujur itu wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,agar termasuk orang-orang yg beruntung :)

    BalasHapus
  15. Nama : Syifa Nurbaity Hasanah
    Kelas : XI IPA 1 (Newton)

    Dengan adanya Bulan Ramadhan kita dapat melatih kesabaran dan kejujuran, menjaga hawa nafsu, dan melatih keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.
    Menurut saya, kejujuran itu sangat penting dalam menjaga kepercayaan. Karena kepercayaan itu sangat mahal. Kepercayaan dapat datang begitu saja, tetapi jika kepercayaan itu dinodai dengan kebohongan maka akan berakibat fatal. Orang akan susah percaya lagi kepada kita.
    Seperti yang tertulis di atas, Allah telah memberi jaminan kepada orang yang telah menjaga kejujurannya.

    BalasHapus
  16. Nama : Benny Suwandi Sumardiana
    Kelas : X| IPA 2

    menurut saya sih jujur itu kunci kehidupan bagi hidup saya, emang sih benar jujur itu kunci kebenaran ,tapi kenapa ya pak suka ada saja kadang - kadang orang yang tidak percaya omongan saya, padahal saya udah jujur dan bilang apa ada nya.

    BalasHapus
  17. Nama : Dita Luthfia Haya
    Kelas : XI Newton( XI Ipa 1 )

    Menurut Saya, Ibadah puasa yang kita laksanakan pada Ramadhan ini merupakan sarana untuk melatih kita berbuat jujur. Sebab hanya kita sendiri dan Allah SWT yang mengetahui bahwa kita benar-benar berpuasa atau tidak. Tidak sedikit di antara umat Islam yang di hadapan orang lain terlihat berpuasa, ikut makan sahur, dan turut berbuka puasa, namun secara diam-diam dia sebenarnya tidak berpuasa. Selain itu, orang yang benar-benar berpuasa dilatih kejujurannya.
    Karena itu dengan berpuasa kita dilatih untuk berkata jujur.

    BalasHapus
  18. Nama :Doni andrianto
    Kelas :XI IPA 2

    Pa gimana kalau kita teh puasa, jujur puasa satu bulan penuh, tapi teman teman teh pada ga percayaeun saya berpuasa pak, terus saya harus gimana pak????
    please in the comments

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepercayaan orang itu harus dibangun oleh kita, dengan sikap yg pantas untuk dipercaya

      Hapus
    2. oh iya pa, mungkin sikap saya yang kurang pantas untuk di percaya oleh orang lain..
      makasih bapak.

      Hapus
  19. Nama : Rizki Anisha
    Kelas : XI IPA 1 (NEWTON)


    Di bulan puasa kita harus bersabar dalam menghadapi hawa nafsu dan godaan-godaan lainnya. Selain kita harus bersabar kita juga harus jujur terhadap diri sendiri maupun kepada orang lain. Hal baik akan menghasilkan hasil yang baik dan juga sebaliknya.

    Jujur ialah berkata benar dan apa adanya. Kejujuran merupakan ciri dari orang beriman. Sebagaimana kita tahu bahwa nabi Muhammad SAW memiliki sifat sidik (jujur) dan mustahil baginya memiliki sifat kizib (bohong). Kita harus mencontoh sifat-sifat yang di miliki oleh nabi Muhammad SAW agar kita menjadi umat yang di rahmati Allah SWT sampai akhir zaman.

    Jika kita di hadapkan :
    1) Jujur tapi menyakitkan
    2) Bohong demi kebaikan

    Mana yang akan kita pilih ?
    Kita lebih baik berkata jujur tapi menyakitkan, karena jika kita melakukan kebohongan yang pertama, pasti kita adak kecanduan atau ketagihan untuk melakukan yang kedua,ketiga dan seterusnya. Jadi kita harus berkata jujur dalam segala hal.

    BalasHapus
  20. Nama : Siti Nurlaely Azizah
    Kelas : XII IPA 1


    Assalamualiakum Wr.Wb

    Saya setuju dengan kata-kata "KEJUJURAN BUKANLAH HAL YANG MUDAH".Emang bner puasa merupakan ibadah yang melatih kita untuk selalu jujur,,tetapi ada saja orang yang bersikap tidk jujur seperti ngomong nya puasa tapi malah malah tidak puasa.Jadi kita harus belajar jujur di mulai dari sekarang.

    Wasalamualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  21. Nama : Arie Firmansyah
    Kelas : XI IPA 1

    Assalamua'laikum Wr. Wb.

    Menurut saya semua tulisan Bapak Toto ini bagus,banyak hal yang bisa di ambil darinya.Puasa memang banyak sekali manfaatnya,salah satunya dapat menyehatkan tubuh.Banyak ahli kesehatan yang menyatakan hal itu dan terbukti kebenarannya.Selain itu puasa masih lagi manfaatnya,selain bisa merasakan lapar dan haus yang dirasakan olkeh orang miskin,Kita juga dapat melatih kesabaran dan kejunuran kita selama berpuasa.Amal soleh dfan perbuatan baikpun tidak luoa untuk dilaksanakan.

    Memang saat ini junjur sudah agak langka atau jarang di temui,tapi menurut saya jujur akan timbul dari rasa diri sendiri.Jikalau saja rasa jijir sudah ada di hati semua orang,insyaallah negeei kita akan damai dan korupsi pun tidak akan terjadi di kalangan Pejabat yimhhi ataupun pemerintahan di negeri ini.
    amiiin.

    Tetapi percuma saja jikalau kita berbuat baik dan yang lainnya hanya pada bulan ramadhan,tapi kita juga harus mengamalkannya setiap hari pada kehidupan kita dan insyaallah akan banyak manfaatanya.Buktikan sendri dan rasakan bedanya,

    Wassalamua'laikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  22. Nama :Neng Helen Setiani
    Kelas:XII IPA 1

    ASS..
    Menurut saya melatih kejujuran di bulan puasa itu perlu tetapi juga harus dilengkapi dengan berbuat baik dan ibadah yang khusu
    WSS..

    BalasHapus
  23. Nama :Kurnia Nurul Fuji Astuti
    Kelas :XI IPA 1 (NEWTON)

    Menurut pendapat saya, perilaku jujur adalah perilaku terpuji yang seharusnya dimiliki oleh setiap insan yang beriman. Namun seringkali manusia tidak luput dari kesalahan dan kebohongan. Jujur adalah kebenaran. Maka setidaknya kita tidak harus menutupi kebohongan berkatalah jujur. Karena orang jujur hidupnya akan selalu tenang dan akan siap jika menghadapi masalah yang ada dihadapannya dengan tenang tanpa hati gelisah.
    Orang jujur akan selalu dilindungi oleh Allah dan akan selalu diberkahi hidupnya.
    Tapi pada situasi seperti apa kita diperbolehkan berbohong ?

    BalasHapus
  24. Nama : Ade Mela Malihatun Nufus
    Kelas : XI IPA 1 (NEWTON)

    Menurut pendapat saya, perilaku jujur itu perbuatan yang mulia, karena tidak semua orang mampu melakukannya. Tapi di zaman sekarang sulit sekali ditemukan orang yang jujur, karena di zaman sekarang manusia sudah dipengaruhi oleh hawa nafsu belaka.
    Memang berbohong itu tidak diperbolehkan tapi jika kejujuran kita akan menyakiti orang lain, apakah kita boleh berkata bohong ?
    Mohon penjelasannya Pak ?

    BalasHapus
  25. Nama : Ida Widaningsih
    Kelas : XI IPA 1 (NEWTON)

    Menurut saya, tidak semua orang bisa berbuat jujur bahkan hampir semua orang tidak bisa melakukannya. Tapi apabila kita mempunyai niat dan tekad yang kuat untuk menjadi pribadi yang jujur, kita bisa melakukannya. Walaupun butuh proses yang lama.
    Bagaimana caranya agar kita terbiasa berperilaku jujur terutama pada diri sendiri ?

    BalasHapus
  26. Nama : Toni heryanto
    Kelas : XI IPA 1 (NEWTON)

    menurut saya jujur itu bukan hanya dari perkataan tapi juga dari hati harus jujur.
    Benar puasa itu melatih kita dalam kejujuran, dan berkata jujur itu tadak hanya di bulan puasa saja tapi kapan saja.

    saya mau bertanya, misalnya kita baru berbuat baik tapi tidak diketahui orang lain,lalu ada orang bertanya apa yang baru dilakukan apakah kita harus menjawab jujur atau tidak, karena kalau jujur takutnya mempunyai sifat riya..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampaikan dg niat tahadus biniam atw berbicara kenikmatan untuk supaya memberi contoh

      Hapus
    2. tapi itu tidak termasuk riya kan pak..
      terima kasih atas jawabannya

      Hapus
  27. Nama : Dea Nurul Fahmy Pratiwi
    Kelas : XI IPA 1 (NEWTON)

    Menurut saya jujur adalah kunci dari keberhasilan dan kesuksesan untuk kehidupan di dunia dan di akhirat :)

    BalasHapus
  28. Nama : Dina Ratna Wardani
    Kelas : XI IPA 2

    menurt saya jujur adalah sifat terpenting manusia terutama umat Islam. namun bagaimana hal nya dengan orang yang berkata jujur namun hal itu malah menyakiti perasaan orang lain? mohon jawabannya pak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adakalanya kita harus pandai memilih kata-kata,situasi dan perasaan orang

      Hapus
  29. Nama : Reni Apriliani
    kelas : XI IPA 2

    menurut saya pribadi, seperti bapa bilang bahwa jujur adalah suatu sikap yang harus di tanamkan sejak dini, tetapi selain itu sikap jujur harus di dukung oleh orang yang ada di sekitar kita, misalnya orang tua kita dan teman-teman kita.
    serbagai mana firman Allah SWT menyatakan :
    " wahai orang-orang yang beriman, bertaqwa lah kalian kepada Allah Swt dan jadilah kalian bersama orang-orang yang JUJUR (AT-TAUBAH 119)

    BalasHapus
  30. Nama : LENA NILAWATI ADNAN
    Kelas : XI IPA 1 (NEWTON)

    Bulan ramadhan adalah saat tepat bagi kita semua untuk melakukan instrospeksi diri terutama menyangkut kejujuran, kejujuran yang terpenting pada diri sendiri. Bulan ini setiap muslim diwajibkan menjalankan puasa. Puasa merupakan ibadah hati dan badan. Puasa melatih kejujuran. Betapa tidak, dalam ibadah puasa kita diminta menahan sesuatu yang sebelumnya merupakan salah satu hak yang paling asasi setiap manusia, yaitu makan dan minum. Bersikap menahan diri sebagai ibadah puasa, tidak diketahui orang lain kecuali dirinya sendiri dan Allah SWT. Artinya, dengan berpuasa, kita menanamkan kejujuran di dalam diri kita.

    BalasHapus
  31. Nama :Idah ratnasari
    Kelas: XI IPA 2

    Menurut saya KEJUJURAN itu lebih baik dari pada BERBOHONG. Tetapi Terkadang kita sulit untuk berbuat jujur apalagi jika kita sedang berpuasa di bulan ramadhan. dan tidak terasa juga di saat berpuasa kita sering berbicara bohong kepada Kedua orang tua, teman maupun yang lainnya.

    saya ingin bertanya, jika berbuat tidak jujur pada seorang sahabat sendiri untuk menutupi masalah yang sebenarnya terjadi.apakah itu salah dan apakah itu baik untuk persahabatan kita???

    BalasHapus
  32. Anita Sari
    XII IPA 1

    Tapi, dizaman sekarang ini orang yang berpuasa tidak luput dari perkataan bohong. Karena saya pernah mendengar bahwa berbohong demi kebaikan itu boleh. Sedangkan, kita sedang menjalankan ibadah puasa. Apakah itu tidak akan menghapus pahala puasa kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbohong walau untuk kebaikan tetap berdosa,tapi kita mengimbanginya dg perbuatan baik yg lebih banyak

      Hapus
  33. Nama : Iis Desi Nurhayati
    Kelas: XI IPA 2

    Menurut saya, memang kalau berkata jujur kadang selalu menyakitkan tetapi kalau kita cermati, sikap berbohonglah yang paling menyakitkan, karena jika kita berbohong kepada seseorang dan seseorang itu mengetahuinya kita berbohong, pasti akan sakit hati, tetapi coba bayangkan kalau kita berkata jujur,pasti sakit hati itu hanya sesaat.

    BalasHapus
  34. Nama : Aan Nurjanah
    Kelas : XII IPA 1

    Menurut saya kejujuran memang hal yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kepada setiap umatnya, dan berbohong adalah hal yang dilarang dilakukan, tapi apabila berbohong itu dilakukan untuk melindungi orang lain bagaimana pak? :)

    BalasHapus
  35. Nama : Elita Krisiana Dewi
    Kelas : XI IPA 1 (NEWTON)

    Kejujuran menurut saya simple kejujuran itu sangat sederhana,kenapa saya bilang sederhana karena kejujuran itu timbul dari hati jangan kita berbicara jujur apabila kita tidak tahu dan tidak mengerti kejujuran itu seperti apa.Kejujuran adalah apa yang akan anda katakan tanpa ada sedikit kata bohong.

    BalasHapus
  36. Nama : Asep robiana
    kelas : XI IPA 2

    menurut saya, seseorang berupaya membiasakan diri untuk jujur dan jadikan lah Sipat JUJUR itu sebagai TUJUAN dan PERHATIANNYA.

    BalasHapus
  37. Nama : Deri adianto
    Kelas : XI IPA 2

    KEJUJURAN adalah perbuatan manusia yang paling baik di bandingkan dengan perbuatan baik manusia yang lainnya, dan tidak ada ucapan yang baik kecuali KEJUJURAN

    BalasHapus
  38. Nama : widia yulianingsih
    kelas : XI IPA 2

    Lebih baik jujur walaupun pait.
    itu menunjukan bahwa sifat jujur lebih utama dari pada berdusta dalam dosa.

    BalasHapus
  39. Nama : kiki fatmala
    kelas: XI IPA 2

    Seseorang yang memilih jujur maka akan di catat sebagai orang yang sngat jujur,, tetapi bila orang itu memilih berdusta maka dia akan di catat sebagai oarang pendusta. :)

    BalasHapus
  40. Nama : Nurrohmah susanti
    kelas: XI IPA 2

    kejujuran adalah tanda bukti keimanan. Orang mukmin pasti jujur. Kalau tidak jujur, keimanannya sedang diserang penyakit munafik.

    BalasHapus
  41. Nama : citra ayu lestari
    kelas : XI IPA 2

    kejujuran adalah suatu sikap dan tindakan yang menjelaskan tentang suatu kebenaran, dimana di dalamnya terdapat fakta yang bisa di jadikan landasan dan juga tidak di sertai dengan kebohongan.
    contohnya :
    1. kejujuran dalam bicara
    2. kejujuran dalam bertindak
    3. kejujuran dalam membuat suatu kebijakan
    4. kejujuran tentang perasaan pada seseorang
    5. kejujuran tentang ssuatu perbuatan pada orang lain.

    BalasHapus
  42. Nama : dea fadilla tinura
    kelas : XI IPA 2

    setelah saya membaca wacana di atas saya mendaptkan pelajaran dan menjadikan saya menjadi lebih jujur.

    BalasHapus
  43. Nama: Shella Rizkiyana
    Kelas: XI IPA 1

    Asalamu'alaikum....
    Setelah saya membaca wacana di atas mengenai puasa melatih kesabaran dan kejujuran, saya mendapatkan pelajaran bahwa kejujuran itu sesungguhnya datang dari hati,dan kejujuran merupakan hal yang sangat sulit untuk di terapkan...
    menurut wacana di atas bahwa terapkanlah kejujuran sejak dini.Nah bagaimana sih caranya menerapkan kejujuran sejak dini dalam kehidupan sehari-hari pak?
    terimakasih..
    Wasalamu'alaikum... :)

    BalasHapus
  44. Nama: kiki Carisah
    Kelas:XI IPA 1

    Assalamu'alaikum...
    menurut pendapat saya bahwa kejujuran itu sulit untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,apalagi faktor lingkungan yang tidak mendukung.Untuk itu bagaimana caranya agar kita dapat menjalankan kehidupan sehari-hari dengan kejujuran?
    terimakasih...
    wassalamu'alaikum...

    BalasHapus
  45. Nama:Sri Nurandini
    kelas : Xl IPA2

    Menurut saya jujur merupakan sikap atau tindakan yang sangat di sukai oleh allah swt.
    Dan menurut sabda nabi kejujuran itu mengantarkan kamu kekebaikan dan kebaikan itu sesungguhnya mengantarkanmu menuju surga.

    BalasHapus
  46. Nama : Ela siti Nurlaela
    Kelas : Xl IPA 2 HUBBLE

    Assalamualaikum wr.wb ...
    Menurut saya jujur adalah sebuah ungkapan yang seringkali kita dengar dn menjadi pembicaraan.
    Jujur merupakan sifat terpuji Allah menyanjung orang-orang yang memiliki sifat jujur dan menjanjikan balasan yang berlimpah untuk mereka,
    Sebagaimana di jelaskan oleh nabi.
    "sesungguhnys kejujuran membawa kepada kebajikan"

    Wassalamualaiku wr.wb

    BalasHapus
  47. Nama :Nia Daniasih
    Kelas : Xl IPA 2 HUBBLE

    Assalamualaikum ....

    Menurut saya sifat jujur merupakan tanda sempurnanya keislaman,timbangan keimanan dan juga tanda kesempurnaan bagi si pemilik sifat tersebut,karena itu orang yang jujur akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di dunia,dan akhirat.
    Maka dari itu pada saat puasa kita di haruskan bersifat jujur.

    Wassalamualaikum ..

    BalasHapus
  48. Nama : Leni Damayanti
    Kelas : Xl IPA 2 HUBBLE

    Assalamualaikum ..

    menurut pendapat saya kata jujur adalah kata yang di gunakan untuk menyatakan sikap seseorang. Bila seseorang berhadapan dengan suatu atau fenomena maka seseorang itu akan memperoleh gambaran tentang sesuatu atau fenomena tersebut.
    Bila seseorang itu menceritakan informasi tentang gambaran tersebut kepada orang lain tanpa ada perubahan"(sesuai dengan realitasnya)"

    Wassalamualaikum...

    BalasHapus
  49. Nama : Haerumitha rosadi
    kels :xi-IPA 2

    Assalamu'alaikum wr.wb

    menurut pendapat saya kejujuran itu adalah sifat abstrak manusia yang dimiliki secara naluriah.Identik dengan kata jujur itu tersendiri,bahwasannya jujur itu berarti apa adanya, tidak menutup-nutupi semua hal,mencoba untuk selalu menjadi jati dirinya yang tak terlepas dari jati dirinya sendiri.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  50. Nama : Devi Anggraeni
    Kelas : Xl IPA2

    assalamualaikum wr.wb

    Menurut saya jujur adalah lurus hati,tidak berbohong misalnya dengan berkata apa adanya. Jujur juga berarti tidak curang,dengan mengikuti aturan yang berlaku.
    Seperti dalam kalimat : Mereka itulah orang-orang yang jujur dan di segani.

    Wassalamualaikum wr.wb ...

    BalasHapus
  51. Nama : Devi Ayoe Sarrie
    kelas: XI IPA I

    jujur itu membuat hidup lebih indah, karena apabila kita berlaku jujur dimana pun kita berada pasti orang lain akan percaya pada kita.

    Pa, mau tanya, jika orang yang di anggap oleh kita jujur , tapi dia berkhianat pada kita, hal apakah yang seharusnya kita lakukan agar dia tidak berkhianat lagi?
    terimakasih

    BalasHapus
  52. Nama : O'oh Rosidah
    Kelas: XI_IPA 2

    Assalamu'alaikum wr.wb.

    Menurut saya jujur itu adalah suatu perbuatan atau sikap seseorang yang sesuai dengan kenyataan yang telah dilakukannya.

    Wassalamu'alaikum.wr.wb

    BalasHapus
  53. Nama :Linda Elina Oktavia
    Kelas:XI_IPA 2

    Assalamu'alaikum. wr.wb.
    Jujur menurut saya adalah jika apa yang telah di beritahukan adalah hal yang benar, baik, dan berguna.
    Wassalamu'alaikum. Wr.Wb

    BalasHapus
  54. Nama : Ian pedriana
    Kelas : XI IPA 1
    Assalamualaikum wr.wb

    jujur pak untuk masalah ke jujuran saya setuju bahwa puasa bisa melatih ke jujuran, tapai saya ragu untuk saat ini apakah ke jujuran akan dengan mudah di dapat, dan saya ingin bertanya bila kita bohong untuk kebaikan itu tidak dosa. terimakasih

    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  55. Nama : Ghina Aghniatus Sholihah
    Kelas : XII-IPA 1

    saya setuju, bahwa kejujuran itu memang sangat penting dan harus diajarkan sejak dini, karena apabila seseorang tidak jujur atau mempunyai sifat suka berbohong maka ia akan sulit dipercaya oleh orang lain.

    BalasHapus
  56. NAMA : MUHAMAD AHMAD
    KELAS : XI IPA 3

    Menurut saya kejujuran dan puasa itu saling terikat karena di dalam puasa kita di latih untuk berbuat jujur, dan jujur itu merupakan pondasi. misal di dalam suatu negara atau organisasi bila kita tidak disertai dengan prilaku jujur pasti akan hancur atau bebrek lah.

    BalasHapus
  57. nama : uin habigwi riza
    kelas : XI IPA 2

    menurut saya, kejujuran dalam berpuasa atau kejujuran dalam hal yang lainya juga, itu menjadi urusan mereka. karena, itu langsung hubungannya/urusannya dengan tuhan. jadi, intinya dosa itu tanggung masing2. apakah bisa d katakan demikian yang saya katakan di atas pak?

    BalasHapus
  58. Nama : Fitri Triana Dewi
    Kelas : XII-IPA 1

    Assalamu'alaikum wr.wb,
    Saya sependapat bahwa puasa itu melatih kejujuran kita, sebab orang yang berpuasa itu tidak boleh berbohong. apabila berbohong berarti dia berdosa, karena kejujuran itu sangat penting bagi kehidupan manusia apabila kita telah berbohong sekali maka kita akan terus berbohong dan itu sangat berbahaya bagi kehidupannya karena dia tidak akan dipercaya oleh orang lain.

    wassalamu'alaikum..

    BalasHapus
  59. Nama : encep saepullah
    Kelas : XI IPA 1
    assalamualaikum wr.wb
    menurut say puasa bisa melatih ke jujuran apabila yang menjalankan puasa itu ikhlas menjalankan puasanya. Terimakasih
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  60. Nama : Vinna Marviyanti Vanesa
    Kelas : XI IPA 1 (NEWTON)

    Definisi jujur menurut saya adalah mengatakan sesuatu yang benar - benar terjadi dan terucap dari dalam hati. Sebenarnya jujur adalah sesuatu yang benar - benar simpel, namun sangat sulit untuk dilakukan. Kejujuran itu sendiri dapat tumbuh dalam diri seseorang ketika mereka melakukan kejujuran itu semenjak masih kanak - kanak. Dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk menanamkan rasa kejujuran. Menurut saya pak, jika seseorang sudah berbohong sekali dan merasa bahwa melakukan kebohongan itu tidak menimbulkan kerugian untuk orang itu sendiri maupun orang - orang disekitarnya, mereka akan melakukan nya berkali - kali bahkan mungkin selamanya. Seperti yang bapak tulis di atas bahwa di Indonesia sudah kurang sekali dalam hal kejujuran, misalnya korupsi. Saya juga setuju pak dengan bapak. Apalagi hukum di indonesia sudah bisa 'dibeli' dengan uang, bukan barang langka lagi jika para koruptor bisa bebas dengan keinginan mereka sendiri. Tapi saya yakin pak, Allah akan membalas semua kebaikan dengan kasih sayang - Nya dan semua keburukan dengan azab - Nya.
    Untuk itu saya dan teman - teman lain sebagai penerus bangsa dan agama sudah sepantasnya menaanamkan sikap kejujuran dimulai dari yang kecil hingga yang besar. Wacana yang bermanfaat pak. Terimakasih :)

    BalasHapus
  61. Nama : Nurul Hidayah
    Kelas : XI IPA 1

    menurut saya jujur adalah salah satu sifat yang sangat mulia dari empat sifat yang dimiliki Rasulullah SAW yang seharus nya dimiliki oleh setiap manusia. Betapa indahnya jika seluruh kehidupan ini diisi dengan kejujuran.
    kejujuran saya rasa salah satu hal yang sangat langka dan sulit diwujudkan jika seseorang masih memiliki sifat atau niat yang negatif. Padahal kejujuran itu bila difikirkan sama penting nya dengan kecerdasan.
    Bagaimana caranya agar bisa menjadi pribadi yang jujur ?

    BalasHapus
  62. Nama : Euis Masitoh
    Kelas : XI IPA 1

    Menurut saya, kejujuran adalah suatu sikap yang sangat mulia karena tidak semua orang bisa berbuat jujur. Di bulan Ramadhan adalah sarana yang paling tepat untuk melatih kejujuran. Terutama disaat kita berpuasa kita dilatih jujur kepada diri sendiri. Terkadang kejujuran sangat sulit dilakukan, karena kejujuran membawa konsekuensi pada diri kita. Misalnya kita dihadapkan pada masalah dengan orang tua, maka konsekuensinya orang tua kita akan marah jika kita berkata jujur tentang kesalahan kita.
    Maka dari itu dalam segala situasi dan kondisi apapun sekalipun itu sangat mendesak, sebaiknya kita tetap jujur.

    BalasHapus
  63. Nama : Indria Nur Fitriani
    Kelas : XI IPA 1 (NEWTON)

    Menurut saya, jujur haruslah berdasarkan landasan yang suci, kebersihan hati, dengan keberanian mengungkapkan sesuatu sebagaimana adanya, tanpa dilebihkan ataupun dikurangi. Suatu kata yang sangat sederhana, tapi terkadang ada yang sering mengabaikannya, terus berlindung dalam tembok kebohongan yang justru bisa jadi bumerang baginya. Kejujuran memang penting dalam kehidupan, karena kejujuran ini seringkali menjadi karakter yang berhubungan dengan sifat lainnya. Orang yang jujur akan menjaga teguh amanat dan kebenaran, bukan mengotorinya dengan kebohongan. Menurut saya, kebohongan inilah yang bisa menyebabkan image seseorang, bahkan satu kelompok besar, akan hancur. Sekali saja kita berbohong, orang akan langsung memandang kita secara negatif, karena menyembunyikan fakta dengan kebohongan yang kita lakukan.
    Ya, Pak. Indonesia sekarang boleh dikatakan mengalami kemunduran dalan hal pembiasaan perilaku jujur, dengan ditandai banyaknya kasus korupsi. Nampaknya kesadaran untuk berperilaku jujur masih perlu ditingkatkan lagi.
    Semoga saja dengan ibadah puasa yang telah kita jalani dapat menjadi pembelajaran bagi kita, khususnya dalam hal berperilaku jujur. Dan perilaku jujur tersebut dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari kita. Amin.

    BalasHapus
  64. Nama : Yuli Patmah
    Kelas : XI IPA 1

    Menurut saya, kejujuran sangat penting dan harus tetap dijaga. Kejujuran akan menanamkan kepercayaan. Sekali kita berbohong pasti akan ada kebohongan-kebohongan yang lainnya dan bisa menghilangkan kepercayaan orang lain pada kita. Jadi lebih baik kita menghindari untuk berbohong dan mencoba untuk selalu jujur. Terutama di bulan suci Ramadhan. Kebiasaan jujur di bulan Ramadhan harus dipertahankan dan dilaksanakan pada bulan-bulan selain Ramadhan.

    BalasHapus
  65. NAMA: NITA ANGNIA DEWI
    KELAS: XII IPA 1

    Assalamualaikum wr.wb
    menurut saya kejujuran ialah : sesuatu yang besar dimana kita mampu mengambil resiko ketika kita mengungkapkan nya dengan lapang dada dan sepenuh hati.

    Pak, izin bertanya bagaimana jikalau ada seseorang siswa misalnya si "A" saat ujian menanyakan jawaban kepada si "B" karena tidak ingin menipu teman nya akhirnya si "B" mengatakan jawaban yang sebenarnya sehingga mereka bekerja sama dalam kebathilan bagaimana hukumnya ?? dan bagaimana agar seseorang bisa selalu istikomah dalam berlaku jujur ??

    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  66. NAMA : NINA ASTRILIANI
    KELAS : XII IPA 1

    Asslamu'alaikum ..
    menurut saya, kejujuran sangatlah penting. bukan hanya saat berpuasa, bahkan dikeseharianpun sangat dibutuhkan.
    saat kita berpuasa dan kita berbohong, maka kebohongan yg kita lakukan dapat menggugurkan pahala puasa kita. oleh karenanya, kita harus senantiasa untuk menjaga kejujuran pada diri kita.

    pertanyaa :
    bagaimana jika kita berada di sekelompok orang yang sedang membicarakan orang lain, apakah kita berdosa ? sedangkan kita tidak ikut bicara. jika kita mau meninggalkan orang2 tersebut, kita takut mereka akan berperasangka buruk terhadap kita.
    terimakasih..

    BalasHapus
  67. NAMA : FAHRUROJI
    KELAS : XI IPA 2

    Asslamu'alaikum....
    menurut saya, KEJUJURAN ialah suatu sikap yg baik dan di lakukan dari hati nurani kita. Dan saya setuju dg bapak, karena kejujuran tidak lah mudah seperti membalik telapak tangan.
    terimakasih,,,,
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  68. Nama : Indah Zumrotun
    Kelas : XI IPA 2

    menurut saya,kejujuran di masa kini sudah tidak dijunjung tinggi lagi di lingkungan masyarakat. Seperti halnya dalam kasus anak SD yang diusir oleh warga karena melaporkan gurunya kepada pihak yang berwajib karena telah melatih anak didiknya untuk tidak jujur dalam Ujian Nasional yang telah dijalaninya.
    Kasus tersebut telah membuktikan bahwa kejujuran tidak lagi dianggap baik oleh masyarakat. Tapi, kita selaku manusia yang terpelajar, seharusnya bisa lebih memandang bahwa kejujuran itu penting. Karena dengan kejujuran akan tumbuh perilaku-perilaku baik lainnya.

    BalasHapus
  69. NAMA: HIKMAH YULIANI
    KELAS: XII IPA 1

    memang bicara tentang kejujuran itu sangatlah mudah, tapi untuk mempraktekkannya tuh kadang sangat susah meski terlatih juga.
    tidak semuanya bisa bersikap jujur,. kalau semua orang bersikap jujur, mngkin di dunia ini tidak ada yang namanya korupsi, kejahatan, teroris, dll.. menurut saya jujur itu harga mati dan harus di mulai dari diri sndri dengan keyakinan..

    BalasHapus
  70. NAMA : PUTRI ISMAYA
    kelas: XII IPA 1
    assalamualaikum wr.wb
    jujur itu indah , jadi Allah mengajarkan kita tentang keindahan dan tentang keindahan selalu . dan benar bahwa jangan mengatakan bahwa jujur itu mudah , memang mudah mengatakan tapi sulit untuk menjalankannya . sebagai seorang muslim yang baik kita memang harus selalu jujur , walaupun tidak selalu jujur setidaknya ada kejujuran dalam diri kita , dan malulah pada diri sendiri terlebih dahulu kalau kita tidak jujur. semoga kita termasuk orangorang yang jujur ..Amiinnn
    terimakasih dan wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  71. nama : Ayu Agustin Gusmayanti
    kelas : XII IPA 1

    Assalamu'alaikum wr.wb
    saya setuju dengan adanya pendapat bahwa puasa itu bisa melatih diri untuk menjadi pribadi yang jujur, oleh sebab itu kita dilatih dari usia dini untuk menjadi pribadi yang jujur, dengan kejujuran kita dapat mendapat pahala serta mendapat kepercayaan dari orang lain.

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  72. Nama: Rida Farida
    kelas : XII IPA 1

    assalamu'alaikum pak,,,,,,,

    menurut saya jujur itu adalah perkataan yang harus di katakan dengan fakta "nyata". setiap umat muslim itu wajib untuk berkata jujur.
    karena jujur itu prilaku yang sangat baik, tetapa setiap muslim masih ada yang susah untuk berkata jujur. masih banyak yang berbohong kepada kedua orang tua ataupun orang lain.

    wassalam.

    BalasHapus
  73. Nama : Nia Kurnia Octapia
    Kelas : XII IPA 1

    Assalamu'alaikum

    pak,bagaimana caranya agar kita jadi pribadi yang jujur ?

    BalasHapus
  74. NAMA : IIS ROSITA DEWI
    KELAS :XII IPA 1

    Assalamualaikum wr.wb
    menurut saya , kejujuran sangat penting dalam kehidupan kita. kejujuran juga melatih kita untuk bertanggung jawab dengan resiko yang akan di hadapi.

    BalasHapus
  75. NAMA : INDRIYANI
    KELAS : XII IPA 1

    asalamualaikum wr.wb..
    menurut saya kejujuran malalatih mental kita dalam betanggung jawab. kejujuran merupakan sikap yang terpuji, tetapi susah di aplikasikan dalam kehidupan kita.

    BalasHapus
  76. NAMA : YULIA SANTIKA
    KELAS : XII IPA 1

    Assalamualaikum wr. wb
    menurut saya kejujuran merupakan suatu perihal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Sebesar apapun masalah kita, apabila kita menghadapinya dengan kejujuran maka akan membuahkan hasil yang baik. Jadi peliharalah kejujuran dalam hati kita, karena Allah sangat mencintai orang yang jujur.

    BalasHapus
  77. NAMA : REZTIA PUTRI INDRANELI
    KELAS : XII IPA 1

    Assalamualaikum wr. wb
    memang jujur itu lebih mudah diucapkan,dibanhding dengan perbuatan. disaat kita terpojok kita selalu membawa sumpah demi tuhan demi keamanan diri sendiri. tappi jujur itu sangat dianjurkan oleh rasulullah, jadi kita harus jujur walaupun itu menyakitkan..

    BalasHapus
  78. NAMA : REZA HILMAN RIPANI
    KELAS :XII IPA 1

    Assalamualaikum wr.wb
    Jujurlah walupun itu menyakitkan.

    mamangeja.blogspot.com

    BalasHapus
  79. NAMA : RAHMAT HIDAYAT
    KELAS : XII IPA 1

    Assalamulaikum wr.wb
    Banyak yang berpuasa tetapi masih banyak yang korupsi.kumaha yeu teh ?

    BalasHapus
  80. NAMA : RAHMAN HENDRA SAPUTRA
    KELAS : XII IPA 1

    Assalamualikum wr.wb
    Kenapa orang yang jujur masih banyak yang tidak berpuasa.???

    BalasHapus
  81. NAMA : RIZAL ANSORI HAQ
    KELAS : XII IPA 1

    Assalamualaikum wr.wb
    Tanamkanlah kejujuran sedini mungkin,karena kejujuran pada akhirnya akan berbuah kebaikan.
    -Rizal Haq-

    BalasHapus
  82. NAMA : NUNIK NURWANAH
    KELAS : XII IPA 1

    Assalamualaikum wr.wb
    kejujuran dalam berpuasa sangat penting, bukan hanya untuk mendapatkan pahala melainkan juga untuk melatih seseorang agar terbiasa berkata jujur .

    BalasHapus
  83. NAMA : ROSE TIARA ELINDA
    KELAS : XI IPA 1

    menurut saya Jujur adalah sebuah kata yang telah dikenal oleh hampir semua orang. Bagi yang telah mengenal kata jujur mungkin sudah tahu apa itu arti atau makna dari kata jujur tersebut. Namun masih banyak yang tidak tahu sama sekali dan ada juga hanya tahu maknanya secara samar-samar.

    BalasHapus
  84. NAMA : FUJI DWI HARYANTI
    KELAS :XI IPA 1
    Ass . menurut saya Berkata jujur dalam satu menit bisa menghilangkan beban seribu tahun , dan berkata dusta selamanya akan mengemban beban seribu abad .

    BalasHapus
  85. NAMA :AAS ASTUTI
    KELAS:XII IPA 1
    Ass.saya setuju dengan puasa melatih kejujuran,karena kita harus di latih dalam apapun termasuk dengan kejujuran.

    BalasHapus
  86. Nama: Fithrie Nur Maidah
    Kelas: XI IPA 2

    Menurut saya, jujur itu adalah hal yang paling mudah untuk diucapkan tetapi sangat sulit untuk dilakukan, apalagi di zaman sekarang ini, sulit sekali menemukan orang yang jujur . padahal dengan "jujur" hidup kita akan terasa tenang . satu lagi, "JUJUR ITU INDAH" :) . Jadi, mari kita sama-sama membiasakan diri untuk bersifat jujur ! :)

    BalasHapus
  87. Nama : fonda riyanto
    kelas: XII IPA 1
    Assalamualaikum wr.wb
    saya setuju,menurut saya melatih kejujuran di bulan ramadhan sangat lah penting karna kalau tidak jujur orang orang akan memanpaatkan banyak lagi kebohongan contoh nya di rumah nya puasa tapi di luar rumah malah makan dan minum.Selain itu di bulan puasa juga harus meningkatkan iman dan taqwa.
    wss..:)

    BalasHapus
  88. TETAP SAJAH YG KOMETAR YG KE TIGA YG KEREN !!

    BalasHapus
  89. NAMA : CHEPY HILMAWAN
    KELAS: XI IPA 2

    PA SAya mau minta solusi, seandainya kita selalu jujur pada semua orang,tapi semua orang tidak pernah percaya akan kejujuran yang kita lakukan, saya harus bersikap apa pada orang tersebut?????
    makasih pa
    wasalam.

    BalasHapus
  90. Nama : Muhyi Muhaiminullah
    Kelas : XI Ipa 2
    Assalamualaikum.........
    Pak muhyi mau bertanya ?
    gmana caranya supaya orang yang ska berbohong menjadi orang yang jujur sedangkan buat jujur itu sulit pa

    BalasHapus
  91. nama: M.roqi dinak
    kelas: XI IPA 1

    assalamu'alaykum.
    mau tanya, kalo berbohong demi menutupi aib/kekurangan atau demi kebaikan itu diperbolehkan??
    terima kasih
    wassalam

    BalasHapus
  92. Nama : Yani Nurliani
    Kelas: XI IPA 3


    Assalamu'alaikum
    saya setuju pak, menurut saya selain puasa melatih kejujuran,puasa juga bisa membawa kita dalam hal kebaikan.Contohnya Rajin beribadah,sabar,beramal shaleh dan lain sebagainya.
    Dan ternyata dalam menjalankan ibadah puasa diperlukan sebuah ketulusan dan kejujuran. Kata tulus dan jujur berarti lurus hati dan tidak berkata bohong,misalnya kita berkata apa adanya.Dalam puasa kita dilatih dan di tuntut untuk berkata jujur.
    Terimakasih,
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  93. Nama :Putri Meita Damayanti
    Kelas:XI IPA 3

    Assalamualaikum....
    Saya setuju pak,dan menurut saya selain puasa bisa melatih kejujuran,puasa juga bisa melatih kesabaran seseorang.Dan dengannya puasa bisa membuat kita menjadi diri yang lebih baik,misalnya:
    1.lurus hati,tidak berbohong [berkata apa adanya}
    2.tidak curang misalnya dalam permainan,dengan mengikuti aturan yang berlaku.
    3.tulus dan ikhlas
    Jadi menurut saya jujur itu bernilai tak terhingga.
    Terimakasih.
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus