Jumat, 13 Juli 2012

RPP PAI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                         : SMA Negeri 1 Rajagaluh
Mata Pelajaran                         : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                        : XI/2
Alokasi Waktu             : 4 x 45 Menit

Standar Kompetensi:
7.  Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Kompetensi Dasar:
7.1     Menyebutkan arti QS. Ar-Rum: 41- 42, QS. Al-A’raf: 56-58, dan QS. Shad: 27.
7.2     Menampilkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS. Ar-Rum: 41- 42, QS. Al-A’raf: 56-58, dan QS. Shad: 27 dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator:
·        Mampu menyebutkan arti QS. Ar-Rum: 41- 42, QS. Al-A’raf: 56-58, dan QS. Shad: 27
·        Mampu menyimpulkan kandungan isi QS. Ar-Rum: 41- 42, QS. Al-A’raf: 56-58, dan QS. Shad: 27
·        Mampu menunjukkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS. Ar-Rum: 41- 42, QS. Al-A’raf: 56-58, dan QS. Shad: 27

A.     Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran berlangsung diharapkan siswa mampu :
1.      Menyebutkan arti QS. Ar-Rum: 41- 42, QS. Al-A’raf: 56-58, dan QS. Shad: 27
2.      Menyimpulkan kandungan isi QS. Ar-Rum: 41- 42, QS. Al-A’raf: 56-58, QS. Shad: 27
3.      Menunjukkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti yang terkandung dalam QS. Ar-Rum: 41- 42, QS. Al-A’raf: 56-58, dan QS. Shad: 27

B.     Materi Pembelajaran
Terjemah:
1.      Q.S. ar-Rum ayat 41-42
41. Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan Karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).
42. Katakanlah: "Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)."

2.      Q.S. al-A’râf ayat 56-58
56. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (Tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.
57. Dan dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu Telah membawa awan mendung, kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu, Maka kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. seperti Itulah kami membangkitkan orang-orang yang Telah mati, Mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.
58. Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya Hanya tumbuh merana. Demikianlah kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (kami) bagi orang-orang yang bersyukur.

3.      Q.S. Shâd ayat 27
“Dan kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah.yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka”.


C.     Metode Pembelajaran
Inkuiri

D.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
Tatap Muka:
1.      Kegiatan Awal ( 10 Menit )
ü  Guru melakukan appersepsi
ü  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa
ü  Guru memotivasi siswa agar mampu memahami al-Qur’an dengan baik dan benar khususnya al-Qur’an surat Ar-Rum: 41- 42, Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27

2.      Kegiatan Inti (70 Menit)
ü  Siswa latihan menerjemahkan al-Qur’an surat Ar-Rum: 41- 42, Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27 di bawah bimbingan guru.
ü  Siswa secara bergiliran menerjemahkan al-Qur’an surat Ar Rum: 41- 42, Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27 di depan kelas.

3.      Kegiatan Penutup (10 Menit)
ü  Guru memberikan refleksi proses dan hasil pembelajaran dengan memberikan penguatan dan menghargai hasil belajar siswa.

Pertemuan Kedua:
Tatap Muka:
1.      Kegiatan Awal ( 10 Menit )
ü  Guru melakukan Appersepsi
ü  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa
ü  Guru memotivasi siswa agar mampu memahami al-Qur’an dengan baik dan benar khususnya al-Qur’an surat Ar Rum: 41- 42, Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27

2.      Kegiatan Inti (70 Menit)
ü  Siswa secara berkelompok melakukan identifikasi di sekitar lingkungan sekolah yang berhubungan dengan menjaga kelestarian lingkungan hidup
ü  Setelah selesai mengidentifikasi, semua siswa kembali ke dalam kelas.
ü  Setiap kelompok menyampaikan hasil identifikasi dengan waktu 10 menit, termasuk tanya jawab dengan kelompok lainnya
ü  Kelompok lain wajib memberikan cacatan dan tanggapan kepada kelompok yang melakukan presentasi
ü  Setiap kelompok menyempurnakan hasil presentasi setelah mendapatkan tanggapan dari kelompok lain.

3.      Kegiatan Penutup (10 Menit)
ü  Siswa dengan bimbingan guru melakukan refleksi proses dan hasil pembelajaran dan menyimpulkan hasil pembelajaran.

E.     Sumber Belajar
  1. Al-Qur’an dan terjemahnya
  2. Buku Paket PAI Kelas XI karangan Syamsuri Penerbit Erlangga, hal. 94-107
  3. Buku-buku lain yang berkaitan dengan materi
  4. Lingkungan sekolah.

F.      Penilaian
  1. Tes langsung menerjemahkan QS. Ar-Rum: 41- 42, QS. Al-A’raf: 56-58, dan QS. Shad: 27
  2. Tes tertulis berupa uraian bebas:
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.      Apakah isi kandungan QS. Ar Rum: 41- 42?
2.      Apakah isi kandungan Q.S. al-A’raf ayat 56-58
3.      Apakah isi kandungan QS. Shad: 27
4.      Perilaku apa saja yang mencerminkan perbuatan menjaga kelestarian lingkungan hidup?


Mengetahui
Kepala Sekolah,



Drs. H.A Wahab Sudinata, MM.MH
NIP. 195209031974011002
Bandung,    24 Nopember 2011
Guru Mata Pelajaran PAI,



Toto Warsito, S.Ag.M.Ag
NIP. 197303021998021002

1 komentar:

  1. Aslamualaikum, menurut saya puasaitu menahan diri dari berbagai nafsu terutama makan dan minum, yang dapat merusak pelaksanaan ibadah puasa. Pelaksanaan puasa ini sangat pribadi dan sangat bergantung pada tingkat keimanan kita. Seseorang bias merusak ibadah puasanya dengan makan dan minum tanpa terlihat oleh orang lain, hanyalah Allah yang melihatnya. Tantangan dan rintangan unruk merusak puasa senantiasa mengganggu kita dalam aktifitas dunia , dan tingkat kemampuan kita dalam menghindari godaan tersebut. Allah menegaskan perhitunggan amal puasa merupakan tanggung jawab Allah
    Apalagi puasa pada bulan ramadhan, puasa di bulan ramadhan pahala di kali lipatkan. Keistimewaan puasa pada bulan ramadhan yaitu, umat islam dapat melakukan ibadah dalam rentang waktu yang sangat panjang yakni sebulan penuh, siang untuk berpuasa malam untuk ibadah sholat dan membaca Al-quran pada bulan ramadhan,pintu surga di buka, pintu neraka di tutup, dan syeta-syetan dibelenggu. Yang membuka pintu surge dalahpuasa itu sendiri, karena setiap hari dari setiap muslim adalah ibadah dengan pahalanya yang membawa kita ke surge dab tidak ada dosa yang akan membawaq mereka ke neraka. Demikian juga dengan syetan di belenggu, yakni yang membelenggu adalah puasa, karena syetan adalah kecenderungan jahat dari manusia.
    Hikmah puasa yaitu melatih ketaatan terhadap Allah, melatih diri untuk menekan hawa nafsu, puasa juga melatih ke disiplinan, puasa memupuk jiwa kasih sayang dan persaudaraan yang di ikat oleh akidah, ibadah puasa juga melatih jiwa memerangi hawa nafsu yang selalu cenderung pada keduniaan.


    Nama : Dita Anditawati
    Kelas : 11 IPA 3 (PASCAL)

    BalasHapus